SMAN 10 Jamin Kualitas Belajar Mengajar SMA Terbuka

Juven Martua Sitompul    •    Sabtu, 12 Aug 2017 18:36 WIB
pendidikansekolah
SMAN 10 Jamin Kualitas Belajar Mengajar SMA Terbuka
Suasana mediasi SMAN 10 Bekasi dengan 57 siswa dan wali siswa yang sempat terlantar. MTVN/Juven Martua Sitompul.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Sekolah SMAN 10 Bekasi Sunaryo menjamin kualitas belajar mengajar di SMA Terbuka. Dia memastikan program pembelajaran sampai dengan guru yang mengajar memenuhi kualifikasi akademis yang sama dengan SMAN 10 Bekasi.

"Itu kan kata kunci sekolah formal artinya kurikulumnya sama, gurunya memang memiliki kualifikasi akademis yang baik, perlakuan anak juga sama," kata Sunaryo usai menggelar mediasi dengan 57 siswa yang terlantar di SMK Yaperti, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu 12 Agustus 2017.

Tak hanya akademik, seluruh siswa SMA Terbuka juga akan mendapat ekstakurikuler (Ekskul) yang sama dengan siswa SMAN 10 Bekasi. "Ini cuma kebetulan mereka enggak mendapatkan di reguler, tapi hak-haknya sama," ujarnya.

Namun, Sunaryo belum bisa memastikan berapa kelas yang akan disediakan untuk 57 siswa yang sempat terlantar. SMAN 10 Bekasi selaku induk dari SMA Terbuka baru akan melakukan penjurusan terhadap siswa pada Senin 14 Agustus 2017.

Di hadapan para orangtua murid, Sunaryo mengatakan dari mulai bentuk sampai kepada kualitas ijazah kelulusan SMA Terbuka tetap sama dengan SMAN 10 Bekasi. Semua ijazah ditandatangani langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 10 Bekasi.

"Ijazah sama, tidak ada perbedaan. Tanda tangan ya kepala sekolah SMAN 10," pungkas dia.

Sebelumnya, SMAN 10 Bekasi melakukan mediasi dengan 57 wali siswa yang masuk melalui jalur zonasi. Mediasi dilakukan karena mereka tidak tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dari hasil mediasi, kedua pihak sepakat melaksanakan SMA Terbuka. Di mana SMAN 10 Bekasi jadi induk dari SMA Terbuka. Artinya, semua kebutuhan kegiatan belajar dan mengajar murid SMA Terbuka menjadi tanggungjawab SMAN 10 Bekasi.


(DRI)