Pemprov DKI akan Benahi 10 JPO

Sunnaholomi Halakrispen    •    Jumat, 11 Jan 2019 03:55 WIB
jembatan penyebranganpemprov dkijpo
Pemprov DKI akan Benahi 10 JPO
Pekerja menyelesaikan pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Stasiun Lenteng Agung, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah.

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membenahi 10 Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Kepala Seksi Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Imam A Nugraha mengatakan revitalisasi dilakukan guna memaksimalkan fungsi JPO. 

"Ada 10 yang akan di revitalisasi, tapi untuk lokasinya masih dalam pembahasan, yang pasti akan dilakukan dalam waktu dekat," ujar Imam saat dikonfirmasi, Kamis, 10 Januari 2019.

Salah satu yang masuk dalam rencana revitalisasi JPO tahun ini ialah JPO Jembatan Gantung, Cengkareng, Jakarta Barat. Imam menyebut JPO tersebut bakal dibuat natural, karena terdapat sejumlah pohon dan kali Cengkareng.

“Biar natural tapi konsepnya modern. Pokoknya kami bikin semenarik mungkin pembangunan di sana," ujarnya.

JPO Grogol, Jakarta Barat, juga bakal dibenahi. Namun, ia belum dapat menjelaskan seperti apa rancangan yang akan diterapkan di JPO Grogol tersebut. Namun, waktu pasti perbaikan JPO belum ditentukan. 

Imam mengatakan lima JPO di Jakarta telah direvitalisasi sepanjang 2018. Kelima JPO itu yakni JPO Polda Metro Jaya, JPO Gelora Bung Karno (GBK), JPO Bundaran Senayan atau Ratu Plaza, JPO Jelambar, Jakarta Barat, dan JPO Dr. Sumarno, Jakarta Timur. 

Nantinya, desain JPO akan dibuat sesuai karakteristik wilayah masing-masing.  Misalnya, JPO di Jalan Sudirman dirancang dengan konsep modern dengan desain minimalis. Sedangkan, JPO GBK didesain kotak bergelombang yang bermakna semangat.


(AGA)