Kolong Flyover Slipi Disulap Jadi Skatepark

Theofilus Ifan Sucipto    •    Rabu, 16 Jan 2019 11:36 WIB
ruang publik anakfasilitas umum
Kolong <i>Flyover</i> Slipi Disulap Jadi Skatepark
Skatepark Slipi. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Jakarta: Kolong Flyover Slipi, Jakarta Barat, berbubah bentuk. Lokasi yang biasa dipenuhi sampah kini disulap menjadi skatepark.  

Pantauan Medcom.id, skatepark ini memiliki beragam fasilitas. Lokasi dilengkapi dengan tempat sampah, lampu penerangan, hingga tempat duduk untuk bersantai. 

Tidak ketinggalan, ada fasilitas untuk bermain. Skatepark dilengkapi boardslide, mini ramp, hingga kuarter.

Meski belum diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, masyarakat sudah bisa menggunakan fasilitas ini. Sayangnya, di beberapa arena sudah banyak bekas tambalan, bahkan masih ada coran yang terkelupas.

Supri, salah satu petugas di lokasi, menjelaskan coran rusak karena setiap sore digunakan masyarakat. Dia pun rutin memperbaiki kerusakan.

"Tiap pagi saya nambalin aspal rusak. Soalnya kan tiap sore pada main, rusak lagi," kata Supri saat berbincang dengan Medcom.id di lokasi, Rabu, 16 Januari 2019.

Pria yang 24 jam berjaga di Skatepark Slipi itu memastikan coran berlubang hanya sementara. Pasalnya, dia rutin memberi laporan.

"Mungkin nanti ditebelin lagi semennya tiga sampai lima sentimeter," ujar Supri.

Meskipun banyak aspal terkelupas, hal ini tidak menyurutkan niat masyarakat untuk bermain. Dafa, remaja berusia 15 tahun yang membawa sepeda BMX-nya, salah satunya.

"Agak bahaya tapi tidak apa-apa," ujar Dafa.


Coran terkelupas di Skatepark Slipi. Foto: Medcom.id-Theofilus Ifan Sucipto.

Sudah satu bulan ini Dafa rutin bermain di Skatepark Slipi. Minimal dua kali seminggu, ia unjuk gigi di lokasi bersama teman-temannya.

Baca: ?Anies Siapkan Kejutan di Kolong Flyover

Dafa gembira dengan adanya Skatepark Slipi. "Senang soalnya ada tempat main baru, terus banyak teman yang sering ke sini," tutur Dafa.


Pengunjung bermain di Skatepark Slipi. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Kolong Flyover Slipi sejatinya menjadi tempat pembuangan sampah dan puing. Namun, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyulapnya menjadi skatepark.

Supri mengatakan kolong Flyover Slipi dulu sama persis dengan tanah di sebelah skatepark. "Ada sisa-sisa sampah, cuma sudah kosong tinggal tanah," ujar Supri.

Di sisi lain, lokasi Skatepark Slipi cukup mudah dijangkau. Untuk mengunjungi Skatepark Slipi, masyarakat bisa menggunakan bus TransJakarta dan turun di Halte Slipi Petamburan.




(OGI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA