Rambu Larangan Motor Melintas Thamrin Segera Dicopot

Nur Azizah    •    Selasa, 09 Jan 2018 17:15 WIB
pembatasan sepeda motor
Rambu Larangan Motor Melintas Thamrin Segera Dicopot
Ilustrasi pembatasan sepeda motor.

Jakarta: Dinas Perhubungan DKI Jakarta segera mencopot rambu-rambu larangan motor melintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Pencopotan dilakukan usai Dishub berkoordinasi dengan Dirlantas Polda Metro Jaya dan Biro Hukum DKI Jakarta.

"Rencananya besok setelah rapat kita akan menurunkan rambu-rambunya dulu," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Andri Yansyah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Januari 2018.

Setelah rambu-rambu dicopot, Dishub akan kembali mendiskusikan kelanjutan kebijakan tersebut. Ia berharap dalam satu minggu pengendara roda dua sudah bisa melintas Thamrin.

"Yang jelas secepatnya akan kita lakukan pencabutan. Mudah-mudahan Minggu ini karena aturannya seperti itu," ujar dia.

Andri menegaskan, selama Pemprov belum mencabut aturan itu secara resmi, maka penilangan masih diberlakukan. "Besok kalau ada yang melintas ya ditilang," imbuh Andri. 

Mahkamah Agung mencabut Peraturan Gubernur terkait larangan sepeda motor melintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Ketua Majelis Hakim Irfan Fachrudin dalam putusannya mengatakan kebijakan tersebut bertentangan  dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi,  yaitu Pasal 133 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

Fachrudin menambahkan pelarangan motor masuk Jalan MH Thamrin tak sesuai dengan Pasal 11 Undang-Undang  Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Kebijakan itu juga bertentangan dengan Pasal 5 dan 6  Undang -Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang  Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

"Pergub Nomor 141 Tahun 2015 tentang Perubahan atas  Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan  Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor tidak mempunyai kekuatan hukum  mengikat," kata Fachrudin, Senin, 8 Januari 2017.




(REN)

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

7 minutes Ago

Dokter Bimanesh Sutarjo bakal mendengarkan sidang pembacaan putusan oleh majelis hakim Tindak P…

BERITA LAINNYA