Pramuka Gelar Lomba Tingkat V Nasional di Cibubur

Fauzan Hilal    •    Jumat, 06 Oct 2017 21:00 WIB
pramuka
Pramuka Gelar Lomba Tingkat V Nasional di Cibubur
Penggalamng Pramuka

Metrotvnews.com, Jakarta:  Kwarnas Gerakan Pramuka kembali menggelar Lomba Tingkat Lima (LT-V). Lomba ini merupakan salah satu kegiatan paling bergengsi.
 
Peserta yang bisa mengikuti lomba ini adalah Regu Penggalang (usia 11-15 tahun) yang menjuarai LT-I (tingkat kelurahan), LT-II (tingkat kecamatan), LT-III (tingkat kota/kabupaten), dan LT-IV (tingkat provinsi).
 
Kegiatan yang mengusung tema `Persaudaraan, Mandiri, Prestasi` ini akan diselenggarakan 22 - 28 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.

Baca: Agar Pramuka Diterima Generasi Millenial

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault mengatakan, lomba tingkat V mempertemukan regu Pramuka Penggalang terbaik se-Indonesia. Karena lomba ini sangat ketat, prinsip kejujuran, sportivitas, dan keadilan dalam penilaian sangat diperhatikan.
 
"Regu Penggalang yang hadir adalah Regu Berprestasi Tinggi (Juara 1) di daerahnya. Saya optimis sportivitas terjaga dan salah satu tujuan perkemahan yakni semakin merekatkan generasi masa depan NKRI," kata Adhyaksa, Jumat 6 Oktpber 2017.
 
Melalui Lomba Tingkat V, anggota Gerakan Pramuka akan belajar mandiri dalam mengurus diri sendiri, regu dan pasukan. Sehingga jika salah satu regu mendapat prestasi terbaik, maka mereka ikut bangga dan merasa memiliki.
 
Sementara itu, Bayu Tresna, Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Lingkungan Hidup dan Kesakaan mengakui, tidak mudah bisa ikut LT-V. Pasalnya, lomba ini dibutuhkan perjuangan dan kekompakan.
 
"Sebagai Pembina saya baru bisa mengantarkan peserta didik saya hingga LT-IV, karena itu saya selalu hormat dan kagum kepada kakak-kakak pembina yang berhasil membawa peserta didiknya ikut LT-V ini. Proses yang dilalui hingga menjadi peserta sangat panjang dan dramatis," ujar Bayu.
 
Hal senada diungkapkan Ari, Pembina Pendamping dari Kwarda Bali. Bagi dia, bukan hanya lokasi penjelajahan yang lebih menantang, melainkan mata lombanya juga lebih sulit. Lomba-lomba LT-V kali ini menyesuaikan kondisi generasi Z yang terbiasa dengan internet.

Baca: Presiden: Gerakan Pramuka Harus Melakukan Terobosan

"Sekarang lebih banyak kemajuan. Misalnya, ada lomba robot, lomba penggunaan media sosial. Ini pertama kali. Bagus, mengikuti perkembangan zaman. Sebelumnya kan Pramuka dikenal kayak jadul, tapi sekarang Pramuka sudah mengikuti teknologi. Cuma, sistemnya tetap ada penjelajahannya, selain itu kita tetap modern," tegas Ari.
 
LT-V 2017 diikuti regu Pramuka Penggalang terbaik dari setiap Kwarda Gerakan Pramuka seluruh Indonesia. Mereka adalah para pemenang atau regu berprestasi tinggi dari LT-IV yang diadakan masing-masing Kwarda. Setiap Kwarda mengirimkan regu Putra dan Putri dengan delapan anggota masing-masing regu.




(FZN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA