Prestasi Alumni Jadi Acuan Siswa Pilih SMA

Lis Pratiwi    •    Jumat, 16 Jun 2017 14:30 WIB
pendidikan
Prestasi Alumni Jadi Acuan Siswa Pilih SMA
Calon siswa SMA mendatangi SMAN 1 Tangerang Selatan untuk mengikuti Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2017. Foto: Metrotvnews.com/Lis Pratiwi

Metrotvnews.com, Tangerang: Jelang penerimaan siswa baru tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), banyak acuan yang melandasi calon siswa memilih sekolah. Salah satunya adalah prestasi alumni yang diterima di perguruan tinggi.

"Yang paling penting itu berapa banyak yang diterima di perguruan tinggi," ujar Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Tangerang Selatan, Soeswati Ningsih, kepada Metrotvnews.com, Jumat 16 Juni 2017.
 
Menurut Soeswati, faktor lainnya dipengaruhi referensi dari kakak kelas dan keluarga, kunjungan langsung ke sekolah, atau pilihan orang tua. Tapi, hal itu tak seberapa dibanding kesempatan siswa mengembangkan diri di sekolah.

"Contohnya tahun ini kami sudah dapat laporan 79 siswa kami diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri)," jelas Soeswati.

Selain prestasi akademik, sekolah yang memfasilitasi siswa di bidang non-akademik juga menjadi pilihan. Di SMAN 1 Tangsel misalnya, siswa sering menjuarai lomba olahraga atau kesenian hingga tingkat internasional.

Prestasi sekolah juga menjadi pertimbangan bagi calon siswa untuk menentukan SMA pilihannya. Seperti dilakukan Ocha Yolanda.  Ia memilih SMAN 1 Tangsel dalam PPDB karena ada klub karate sehingga ia bisa mengembangkan diri.

"Saya atlet karate nasional makanya pilih di SMA ini (SMAN 1 Tangsel) karena ada fasilitasnya," jelas Ocha.


(MBM)

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

26 minutes Ago

KPK menegaskan sudah bertindak sesuai prosedur terhadap Setya Novanto. 

BERITA LAINNYA