Foto Pembuang Sampah Sembarangan bakal Dipampang di Spanduk

Intan fauzi    •    Jumat, 15 Sep 2017 10:30 WIB
sampah jakarta
Foto Pembuang Sampah Sembarangan bakal Dipampang di Spanduk
Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat/MTVN/Intan Fauzi

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bakal memajang foto pembuang sampah sembarangan. Tindakan itu menjadi sanksi sosial untuk warga yang susah diajak disiplin membuang sampah.

"Foto kemudian dipampang, dibikinin spanduk, lalu ditunjukkan kepada masyarakat. Bisa spanduk dipasang di kita punya RPTRA. Jangan dicontoh perilaku buruk membuang sampah sembarangan," tegas Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 15 September 2017.

Hal itu dilakukan supaya anak-anak juga tidak mencontoh perbuatan buruk. Generasi mendatang diharapkan lebih menyadari larangan buang sampah sembarangan.

Pelarangan buang sampah sembarangan sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2013 tentang Kebersihan Lingkungan. Pelanggar diwajibkan membayar denda Rp500 ribu jika tertangkap tangan.

Djarot meminta Dinas Lingkungan Hidup menegakkan lagi operasi tangkap tangan. Selain denda, pelanggar harus diberikan sanksi tegas.

"Langsung diproses dan berikan sanksi sosial kepada yang bersangkutan. Bukan hanya bentuk denda tetapi juga sanksi sosial. Supaya kita sama-sama menjaga lingkungan kita masing-masing," jelas bekas Wali Kota Blitar itu.

Djarot prihatin dengan perilaku warga yang masih membuang sampah sembarangan. Padahal, petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) sudah membersihkan sampah sejak pagi.

Djarot ingin tugas PPSU semakin ringan agar pasukan oranye bisa fokus melakukan pekerjaan yang lebih kompleks. Sekarang, membersihkan sampah seolah menjadi tugas utama PPSU.

"Maka PPSU dan dan PHL bisa digalakkan untuk melakukan pembenahan kota. Misalnya, menata trotoar yang rumpang ataupun membersihkan tanaman yang rawan. Jadi kami bisa berikan tugas tambahan," ucap politikus PDI Perjuangan itu.

 


(OJE)