Polisi Tangkap Provokator Rusuh PKL Tanah Abang

Kautsar Widya Prabowo    •    Jumat, 18 Jan 2019 14:12 WIB
tanah abang
Polisi Tangkap Provokator Rusuh PKL Tanah Abang
Pedagang kaki lima (PKL) tetap berjualan di trotoar yang berada dibawah jembatan penyeberangan multiguna (JPM) atau skybridge, Tanah Abang, Jakarta. Foto: MI/Pius

Jakarta: Polisi menangkap dua orang yang diduga menjadi provokator kericuhan saat penertiban PKL Tanah Abang. Polisi juga mengamankan sejumlah alat bukti.
 
Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono menjelaskan, dalam kericuhan tersebut diamankan tiga orang, setelah didalami lebih lanjut, ditetapkan dua orang tersangka, berinisial EW,27, dan SE,54.
 
"Dia terekam video (cctv) ikut memprovokasi dan melawan petugas yang sedanga melaksanakan tugas," kata Lukman saat dikonfirmasi, Jumat, 18 Januari 2019.
 
Selain itu, petugas kepolisian mengamankan barang bukti yang diduga digunakan untuk merusak mobil operasional petugas Satpol PP. "Ada tongkat, batu yang dilempar ke mobil Satpol PP, termasuk kendaraan Satpol PP yang spionnya pecah," imbuhnya.

Baca: Ricuh di Tanah Abang Ulah Preman

Meski kondisi pasca kericuhan telah normal, kepolisian dan petugas Satpol PP telah bersiaga di lokasi. Untuk mengantisipasi hal - hal yang tidak diingkan. "Antisipasi ada 10 personel," katanya.
 
Sebelumnya, razia PKL oleh Satpol PP di kolong jembatan Skybrigde Tanah Abang, Jakarta Pusat berakhir ricuh. Kericuhan berawal dari adu mulut antara PKL dan Satpol PP.
 
Pantauan di lapangan, Kamis, 17 Januari 2019, kericuhan dipicu saat PKL tak terima barang dagangannya disita. PKL berupaya mengambil barang dagangannya dari atas truk petugas.
 
Akibat bentrokan dua petugas Satpol mengalami luka ringan. Sementara satu unit mobil truk Satpol PP rusak parah.




(FZN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA