Target 7.500 Unit Rumah DP Rp0 Baru Wacana

   •    Kamis, 18 Oct 2018 11:47 WIB
hunian dp 0%
Target 7.500 Unit Rumah DP Rp0 Baru Wacana
Warga DKI Jakarta melihat-lihat rumah contoh program DP 0 rupiah di lokasi pembangunan di kawasan Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. (Foto: MI/Mohammad Irfan)

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai belum mampu merealisasikan sejumlah program unggulan. Di antaranya program rumah DP Rp0.

Mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017, dari target penyediaan 17 ribu unit kepemilikan rumah atau rumah susun, Pemprov DKI barus mampu menyediakan 7.500 unit saja. Tahap awal, Pemerintah DKI menyatakan hanya akan menyediakan 750 unit .

"Artinya, target 7.500 dalam RPJMD itu baru dijanjikan belum akan diwujudkan," ujar Pengamat Perkotaan Yayat Supriatna dalam Editorial Media Indonesia, Kamis, 18 Oktober 2018.

Yayat menilai penyediaan rumah DP Rp.0 yang jauh dari target menunjukkan realisasi program tersebut tidak diiringi kesungguhan dan pengalaman dalam praktiknya.

Jika alasan keterlambatan eksekusi hanya karena persoalan penganggaran, Yayat mengaku maklum. Namun ditilik lebih jauh persoalan utama yang membelit realisasi program rumah DP Rp0 adalah ketiadaan aktor untuk mengeksekusi program tersebut.

"Kalau melihat target 7.500 unit dalam RPJMD harus diakui siapa yang jadi aktor utama dalam pelaksanaannya? Apakah dibuka ke pengembang atau diamanatkan ke BUMD," ungkapnya.

Melihat perkembangan saat ini, Yayat mengatakan tidak banyak pengembang yang terlibat dalam realisasi program rumah murah. Yang terjadi saat ini penugasan eksekusi program diserahkan sepenuhnya ke BUMD Sarana Jaya.

Yayat skeptis pembangunan rumah DP Rp0 akan mulus jika Pemprov DKI hanya mengandalkan BUMD sebagai penanggung jawab. Pasalnya dari kemampuan pembiayaan, BUMD tetap membutuhkan sokongan modal dari APBD.

"Dan modalnya itu sangat bergantung pada kapasitas kepemilikan pembiayaan dari pengembang maupun pembiayaan yang harus dibayar dan dicicil oleh masyarakat. Kembali lagi kemampuan membayar itu tergantung pada apakah ada subsidi atau tidak di dalamnya," jelas dia.





(MEL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA