Persoalan Integrasi Transportasi di DKI

   •    Senin, 19 Mar 2018 13:28 WIB
angkutan umum
Persoalan Integrasi Transportasi di DKI
Bus Kopaja dengan asap knalpot yang pekat melintas di kawasan Sudirman, Jakarta. (Foto: MI/Susanto)

Jakarta: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengakui kendaraan pribadi yang mendominasi lalu lintas Ibu Kota menjadi persoalan utama sulitnya mewujudkan integrasi transportasi di DKI Jakarta.

Menurut Kepala BPTJ Bambang Prihartono, pola pergerakan manusia di Jabodetabek sedikit 'aneh'. Meski sudah banyak pilihan moda transportasi umum, masyarakat tetap memilih menggunakan kendaraan pribadi.

"Penggunaan kendaraan umum relatif datar bahkan menurun sementara pengguna kendaraan pribadi termasuk ojek online cenderung naik. Menyoal integrasi tentu BPTJ perlu mengubah pola ini," kata Bambang, dalam Metro Pagi Primetime, Senin, 19 Maret 2018.

Kendala yang dihadapi integrasi transportasi di DKI tak cuma itu, Bambang mengatakan, persoalan lain yang dihadapi pemerintah adalah terkait pembangunan perumahan dan permukiman di Ibu Kota dan daerah penyangga.

Ia mengatakan mayoritas pengembang selalu menawarkan hunian dengan trik pemasaran dekat dengan akses tol atau jalan besar. Hal ini tentu sama sekali tak mendukung rencana pemerintah mengintegrasikan transportasi.

"Pengembang membangun perumahan berdasarkan luas area yang dibebaskan. Akhirnya, jualan mereka 'perumahan kami hanya 5 menit dari jalan tol' yang membuat orang-orang menggunakan mobil pribadi," kata Bambang.

Bambang menilai mewujudkan integrasi transportasi di Ibu Kota butuh campur tangan semua pihak terutama political will kepala daerah termasuk dari wilayah penyangga. 

Ia mengatakan ada 8 daerah wilayah tingkat II di Jabodetabek yang harus diintegrasikan untuk angkutan umum. Mewujudkannya tentu tidak bisa jika hanya mengandalkan BPTJ saja.

"Transportasi itu tidak kenal batas wilayah. Karena itu koordinasi antarpemerintah termasuk organda penting dilakukan," kata Bambang.




(MEL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA