Cara Djarot Memperlakukan Orang yang Membencinya

Nur Azizah    •    Jumat, 13 Oct 2017 16:28 WIB
djarot saiful hidayat
Cara Djarot Memperlakukan Orang yang Membencinya
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bersama Istrinya Happy Farida di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta. Foto: Metrotvnews.com/Nur Azizah

Metrotvnews.com, Jakarta: Sehari lagi Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat lengser dari jabatannya. Saat perpisahan dengan awak media semalam, tiba-tiba Djarot teringat saat pelaksanaan pilkada DKI Jakarta.

"Pilkada kemarin sangat keras," celetuk Djarot ketika memori soal pilkada itu muncul. Banyak peristiwa yang tidak bisa ia lupakan. Mulai dari pengadangan hingga pengusiran oleh warga terhadapnya.

Mantan Wali Kota Blitar ini menganggap rentetan peristiwa itu sangat berharga. Djarot belajar bagaimana menghadapi orang-orang yang membencinya.

"Ini pengalaman berharga bagi kita semua. Saat kita menghadapi semua itu tidak boleh ada kebencian dan dendam karena dia saudara kita," kata Djarot.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengaku sudah melupakan masalah tersebut. Ia mengatakan banyak pelajaran yang bisa diambil dari rangkaian peristiwa lalu.

"Satu nilai yang kita petik, kebencian bisa dikalahkan dengan ketekunan dan ketenangan. Kita harus memaafkan mereka," ujarnya.

Djarot tak masalah meski ia dan Ahok tidak bisa melanjutkan kepemimpinannya di periode 2018-2022. Suami Happy Farida ini mengaku bangga menjadi bagian dari perubahan Jakarta.

"Saya bangga bisa menanamkan nilai-nilai perubahan. Maafkan saya dan Pak Ahok bila ada salah," kata Djarot.




(UWA)