Anies-Sandi Ingin Monas seperti Central Park New York

Haifa Salsabila    •    Rabu, 03 Jan 2018 11:47 WIB
monas
Anies-Sandi Ingin Monas seperti Central Park New York
Monas. Foto: MI/Panca Syurkani.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin membuat setiap sudut di kawasan Monumen Nasional (Monas) dapat dinikmati pengunjung. Konsep Monas ingin meniru Central Park di Kota New York, Amerika Serikat. 

"Ini merupakan kebijakan dari Pak Anies. Jadi polanya berubah, selama ini adalah garden (kebun) yang hanya boleh dilihat. Kita ingin fungsinya diubah sebagai park (taman)," kata Wakil Gubernur Sandiaga Uno di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu, 3 Januari 2018. 

Ia ingin pengunjung tak hanya melihat-lihat keindahan yang ada di Monas. Namun, mereka bisa menikmati taman dengan menjalankan berbagai aktivitas di kawasan tersebut. 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, kata dia, ingin setiap fungsi tempat lahan terbuka hijau dapat dioptimalkan. Dengan begitu, ruang publik itu dapat dirasakan manfaatnya oleh warga.

Baca: Anies Siap Revisi Pergub Pemanfaatan Area Monas

Sandi mencontohkan Central Park New York dan Hyde Park di Kota London, Inggris. Di sana, pengunjung taman dapat melakukan berbagai aktivitas di ruangan terbuka hijau seperti yoga, pilates, dan aerobik. 

"Namun, ada kondisinya juga. Kalau digunakan oleh warga tidak akan merusak estetika dan keasrian taman," sambung Sandi. 

Baca: Tidak Tidur Demi Monas Kembali Bersih

Sandi mengharapkan kesadaran warga akan kebersihan taman dapat meningkat apabila Pemprov DKI menerapkan kebijakan itu. Ia ingin masyarakat secara bersama-sama ikut andil menjaga keindahan taman. 

"Dengan begitu budaya kita menikmati tempat-tempat terbuka hijau sebagai park bukan hanya garden dapat terjadi," kata Sandi. 


(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA