Anggaran Dibongkar, Ahok Ingatkan Sumarsono Plt bukan Gubernur

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 29 Nov 2016 05:53 WIB
apbd
Anggaran Dibongkar, Ahok Ingatkan Sumarsono Plt bukan Gubernur
Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengkritik perombakan anggaran yang dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Sumarsono. Dia bilang seharusnya tak semua tugas gubernur bisa diambil alih oleh Plt Gubernur.

"Plt bukan gubernur. Plt gubernur beda dengan gubernur. Tapi surat Mendagri menyatakan sama, ya sudahlah," kata Ahok di DPP Partai Serikat Indonesia (PSI), Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Sumarsono melakukan sejumlah perubahan kebijakan strategis saat menjadi plt gubernur DKI Jakarta. Beberapa di antaranya dia merombak anggaran dana hibah Bamus Betawi dan dana hibah kepada TNI/Polri.

Kemudian Sumarsono juga melebur tata organisasi di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Kebijakan itu diperkuat oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri yang meluaskan kebijakan plt gubernur.

"Padahal secara UUD '45 yang saya pahamin, Wagub pun tidak bisa menggantikan hak dan kewajiban saya dalam membuat APBD," terang Ahok.

Yang lebih disesalkan Ahok, nanti dirinya harus mempertanggungjawabkan anggaran yang bukan dia bikin sendiri. Ahok kecewa karena anggaran yang dibuat sekarang bukan representasi visi misi Ahok dalam menjalani pemerintahan.

Tak pernah ada komunikasi antara Ahok dan Sumarsono. "Saya kan enggak boleh komunikasi sama SKPD, saya enggak komunikasi juga sama Pak Plt soal perubahan perubahan ini," tegas Ahok.


(OGI)