Buka JakBistro di Balai Kota, Ahok Tiru Ide Belanda

Intan fauzi    •    Senin, 17 Oct 2016 10:00 WIB
dki jakarta
Buka JakBistro di Balai Kota, Ahok Tiru Ide Belanda
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersama Wagub Djarot Saiful Hidayat dalam peresmian JakBistro di Balai Kota, Senin 17 Oktober/MTVN/Intan Fauzi

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan JakBistro di selasar Blok G Gedung Balai Kota DKI Jakarta. Bistro yang dikelola PT Jakarta Tourisindo tersebut akan dijadikan model usaha di Ibu Kota.

Ahok menyebut, konsep JakBistro meniru konsep negara-negara Eropa yang memanfaatkan lahan trotoar untuk tempat usaha.

"Jadi kami mau kasih contoh, ini ide saya mau copy dari Eropa, waktu kemarin ke Belanda termasuk Singapura," kata Ahok saat meresmikan Jakbistro di Blok G Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016).


Ahok saat meresmikan JakBistro di Balai Kota, Senin 17 Oktober/MTVN/Intan Fauzi

Ahok menjelaskan, gedung-gedung di Negara Kincir Angin rata-rata memiliki halaman trotoar luas. Sebab, negara tersebut lebih mengutamakan lahan diperuntukkan trotoar dibanding lajur jalan raya.

Konsep tersebut juga yang ditiru Jakarta. Pemprov DKI bakal memperlebar trotoar dari Monas sampai Senayan dengan panjang sekitar 7,7 kilometer.


Ahok-Djarot dalam peresmian JakBistro/MTVN/Intan Fauzi

Meski JakBistro tidak berada di trotoar, Ahok mendorong gedung-gedung perkantoran sepanjang Jalan Sudirman - Jalan M.H. Thamrin menerapkan model serupa.

"Nanti gedung boleh buka pagar, pagarnya boleh menaruh model JakBistro sehingga Jakarta bisa (hidup) 24 jam," kata Ahok.

PT Jakarta Tourisindo selaku Badan Usaha Milik Daerah Pemprov DKI Jakarta yang bergerak di Industri Perhotelan dan Pariwisata, membuka satu gerai tempat makan dan minum kopi di kantor Balaikota DKI Jakarta yang dinamai JakBistro. JakBistro mulai dibuka untuk umum pada 17 Oktober 2016, dengan jam operasi mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.


(OJE)

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

39 minutes Ago

Agus menegaskan tidak bisa menjelaskan masalah teknis lebih detail. Karena hal itu, lanjut Agus…

BERITA LAINNYA