Lansia tak Perlu ke Kelurahan Buat Rekam e-KTP

Fauzan Hilal    •    Rabu, 19 Oct 2016 10:57 WIB
pelayanan e-ktp
Lansia tak Perlu ke Kelurahan Buat Rekam e-KTP
Warga melakukan perekaman data KTP elektronik. Foto: MI/Panca

Metrotvnews.com, Jakarta: Warga yang sakit dan lanjut usia (lansia) tidak perlu datang ke kelurahan melakukan perekaman data untuk pembutan KTP elektronik (e-KTP). Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama telah memerintahkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI memberikan layanan pintu ke pintu.
 
Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Edison Sianturi mengatakan, warga yang dilayani tergolong lansia dan sedang sakit sehingga sulit melakukan perekaman di kelurahan. Petugas melakukan pendataan dan perekaman di rumah warga.
 
Ia mengungkapkan, sejak Januari hingga Minggu, 16 Oktober, tercatat sebanyak 1.247 warga dilayani dengan jemput bola. "Ini untuk mempercepat perekaman, kita sambangi secara door to door rumah penduduk," kata Edison seperti dikutip situs resmi Pemprov DKI, Beritajakarta.com, Rabu (19/10/2016).
 
Selain perekaman, Disdukcapil DKI fokus pada pendistribusian pencetakan e-KTP yang tertunda. Bagi masyarakat yang saudaranya belum melakukan perekaman diminta melapor ke kelurahan terdekat. Nanti, petugas datang untuk membantu.
 
Sementara itu, dari 2.068.974 penduduk Jakarta Timur yang wajib KTP, sudah 2.029.974 jiwa atau 98,1 persen yang melakukan perekaman. “Sekitar 39 ribuan warga belum melakukan perekaman,” kata Kasudin Dukcapil Jakarta Timur, Ahmad Fauzi.
 
Fauzi mengungkapkan, tiap hari ada 800 warga Jakarta Timur yang melakukan perekaman di 65 kelurahan. Warga yang belum melakukan perekaman e-KTP diduga masih di luar daerah dan luar negeri.
 
Ia mengungkapkan, ketersediaan blanko e-KTP masih menjadi kendala utama. Dari 2.029.974 warga yang sudah melakukan perekaman, baru 1,840 juta yang menerima fisik e-KTP.
 
"Selesainya pencetakan tergantung ketersediaan blanko KTP dari Kemendagri. Mudah-mudahan blanko yang dibutuhkan segera turun secepatnya," kata Fauzi.


(FZN)