Penjualan Saham Dikhawatirkan Persulit Kontrol Miras

Intan Yunelia    •    Selasa, 10 Apr 2018 12:53 WIB
pemprov dkiPenjualan saham PT Delta
Penjualan Saham Dikhawatirkan Persulit Kontrol Miras
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Prabowo Soenirman. Foto: Medcom.id/Imam Sukanto.

Jakarta: Anggota Komisi B DPRD DKI Prabowo Soenirman menyarankan Pemprov DKI berpikir matang sebelum melepas saham di PT Delta Djakarta Tbk (DLTA). Langkah itu dikhawatirkan membuat Pemprov kesulitan mengontrol peredaran minuman keras di Ibu Kota.

Penjualan minuman beralkohol (minol) diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Minol hanya boleh diperjualkan dengan izin dari pejabat berwenang. Jika saham ini dilepas, Pemprov pun tak bisa memantau distribusi miras di Ibu Kota, terutama dari PT Delta.

"Pemda DKI dengan tidak memiliki saham di situ, tidak bisa mengontrol peredaran mirasnya," kata Prabowo saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 10 April 2018.

Menurut dia, saham Pemprov di PT Delta semestinya dilepas saja ke badan usaha milik daerah (BUMD). Dengan begitu, Pemprov masih bisa mengawasi distribusi minol dari PT Delta.

"Saya kira bisa dikelola dengan baik oleh BUMD yang berhubungan dengan pariwisata," jelas dua.

Baca: DKI tak Bisa Sembarang Lepas Saham Bir

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku sedang mencari penasihat keuangan agar dapat memberi arahan dalam pelepasan saham di perusahaan bir ini. "Kami sekarang lagi mencoba melakukan beauty contest untuk penasihat keuangan," kata Sandi, Senin, 9 April 2018.

Namun, Sandi memastikan dirinya dan Gubernur DKI Anies Baswedan memiliki keselarasan pikiran dalam masalah saham di PT Delta. "Tentunya harus melalui beberapa kajian dan review. Juga berkoordinasi dengan manajemen perusahaan, mitra, Bursa Efek Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," ujar Sandi.



(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA