Mutasi Dirlantas Polda Metro tak Terkait Tanah Abang

Sunnaholomi Halakrispen    •    Senin, 09 Apr 2018 17:04 WIB
polritanah abang
Mutasi Dirlantas Polda Metro tak Terkait Tanah Abang
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Muhammad Iqbal - Medcom.id/Arga Sumantri.

Jakarta: Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra dimutasi ke bagian Dir Regident Korlantas Polri. Mutasi itu menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Muhammad Iqbal tidak ada kaitan dengan penataan Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

"Kalau bertentangangan dengan Pemprov, kita kan bertugas melindungi, mengayomi masyarakat, melakukan pemeliharaan keamanan pada masyarakat, penegakan hukum. Itu orientasinya adalah kepada public approach," tutur Iqbal di kantornya, Senin, 9 April 2018. 

Maka, apabila ada anggota kepolisian yang melakukan tindakan atau keputusan berseberangan dengan suatu institusi lain demi kepentingan masyarakat, hal tersebut diperbolehkan. 

"Dari kacamata kami, Halim Pagarra berseberangan tapi berseberangannya kan ilegal, dia menyampaikan kepentingan dari kacamata lalu lintas," tutur Iqbal.

Halim merupakan salah satu pihak yang menentang penutupan Jalan Jatibaru. Berkali-kali dia meminta supaya Pemprov DKI membuka jalan yang ditutup. 

(Baca juga: 6 Rekomendasi Polda Metro untuk Jalan Jatibaru Raya)

Ini dilakukan lantaran kemacetan di jalur itu semakin parah. Terkait ini, kata Iqbal, tindakan Halim sudah tepat. 

"Kan macet. Ada engineering yang kurang pas. Itu tidak masalah. Tidak ada kasus, malah promosi," tangkasnya.

Iqbal mengungkapkan, mutasi murni dilakukan lantaran Halim memiliki rekam jejak baik. 

"Pak Halim itu mendapat promosi. Halim itu dapat bintang satu. Artinya pimpinan melihat bahwa Dirlantas Metro Jaya mempunyai rekam jejak yang baik. Tidak mungkin naik jabatan kalau ada masalah," tegas Iqbal.

Iqbal menyebut, Halim ingin programnya menata Jakarta dilanjutkan oleh Dirlantas penggantinya. Kini, posisi Dirlantas dipegang oleh Kombes Yusuf yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Jianma Korlantas Polri. 




(REN)