Penerimaan Pajak Jakarta Melenting

Intan fauzi    •    Selasa, 22 Aug 2017 11:57 WIB
pajak
Penerimaan Pajak Jakarta Melenting
Ilustrasi. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menerima pemasukan pajak Rp20,692 triliun per hari ini. Di penghujung 2017, Pemprov DKI menargetkan penerimaan pajak daerah Rp35,230 triliun.

Kepala BPRD DKI Edi Sumantri mengatakan angka tersebut naik signifikan dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama.

"Ada peningkatan Rp3,3 triliun. Tahun lalu realisasinya Rp17,3 triliun. Artinya, kinerja kita sudah melampaui tahun lalu," kata Edi dalam Dialog Interaktif tentang Pajak Daerah di Gedung Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa 22 Agustus 2017.

Pada Januari-Agustus di tahun-tahun sebelumnya, pencapaian pajak berkisar Rp1 triliun hingga Rp1,5 triliun. Namun, tahun ini peningkatannya hingga Rp3 triliun.

Menurutnya, ada beberapa strategi yang dilakukan BPRD untuk mencapai target realisasi penerimaan pajak tahun ini. Pertama, mengoptimalkan penerimaan melalui fiscal cadaster (penyusunan monografi wilayah) dengan mendata potensi pajak di suatu daerah.

"Misal di (Jalan) Sabang ada berapa banyak restoran, ada reklame, hotel, PKB (pajak kendaraan bermotor), termasuk penggunaan air bawah tanah, semua potensi pajak kita data," kata Edi.

Baca: Pemprov DKI Kejar Target Pajak Rp12,9 T

Kedua, penegakan hukum terhadap penunggak pajak digencarkan. BPRD DKI menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk menagih pajak kendaraan bermotor secara door to door.

"Ketiga, kita mendorong upaya integrasi perizinan usaha dalam bentuk keterkaitan fiskal. Dan terakhir mengoptimalkan pelayanan berbasis informasi," kata Edi.




(UWA)