Sandi Tunggu Keputusan Anies Meliburkan Siswa saat Asian Games

Siti Yona Hukmana    •    Jumat, 13 Apr 2018 08:11 WIB
libur sekolahasian games 2018anies-sandi
Sandi Tunggu Keputusan Anies Meliburkan Siswa saat Asian Games
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno--Medcom.id/Lis Pratiwi

Jakarta: Keputusan untuk meliburkan sekolah saat Asian Games 2018 harus seizin Gubernur DKI Anies Baswedan. Saat ini, Anies belum mengambil keputusan, terkait rencana itu. 

"Dari meja saya sudah selesai, sudah lewat. Nanti Pak Anies yang mengambil keputusan akhir," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Kamis, 12 April 2018.

Sandi menyebut Anies meminta data, sekolah mana saja yang direncanakan libur. "Ini yang nanti pak Gubernur juga minta lebih detail rencananya," ujar Sandi.

Rencana meliburkan sejumlah sekolah untuk meminimalisir kemacetan saat Asian Games berlangsung. Solusi mengurai kemacetan salah satunya adalah meliburkan sekolah yang berada di sekitar venue.

"Tapi yang tidak boleh ada kompromi adalah bagaimana venue dan kampung atlet itu bisa kita pastikan tidak ada kemacetan. Salah satu penyumbang kemacetan itu adalah sekolah," ungkap suami Nur Asia itu.

Baca: Anies-Sandi Beda Suara Soal Libur Anak Sekolah

 
Solusi lain mengurai kemacetan, kata Sandi, dengan menyediakan transportasi bagi siswa. Diketahui, siswa yang rencananya diliburkan yakni Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Karena transportasi bus ini juga akan mengurangi jumlah peserta didik yang datang dengan kendaraan pribadi," terang Sandi.

Lalu, mengenai Anies yang belum memberikan keputusan terkait rencana meliburkan sisawa sekolah ini, Sandi mengatakan jangan berpikir lurus. 

"Jangan berpikirnya libur-enggak, libur-enggak. Tapi kan ada modifikasi. Mungkin saja, itu tidak libur yang lima hari tapi (peserta didik) tidak ke sekolah," ungkap Sandi.

Menurutnya, jika tidak mendapatkan izin dari Anies ada pilihan lain. Selain itu, ia memastikan ada pengaturan terkait libur sekolah ini. 

"Pasti ada pengaturan nanti. Libur sekolah ini, terutama yang di daerah Kemayoran maupun di daerah Senayan, bisa juga jamnya diubah sehingga tidak berbenturan dengan jam Asian Games," pungkasnya.

Diketahui, Anies dan Sandi tak seirama terkait rencana meliburkan siswa sekolah, saat perhelatan Asian Games 2018. "Belum ada keputusan apa-apa. Ini confirmed, belum ada, belum ada. Titik," kata Anies.

Namun sebaliknya, Sandi mengatakan semua sekolah di Jakarta akan libur selama sembilan hari. Kebijakan ini hanya berlaku untuk siswa SMP, SMA dan SMK. "Libur sekolahnya itu sembilan hari pas Asian Games," terang Sandi pada Jumat, 6 April 2018.



(YDH)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA