Sebagian Besar PKL di Tanah Abang Punya Lapak di Dalam Pasar

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 19 May 2017 13:23 WIB
tanah abangpenertiban pkl
Sebagian Besar PKL di Tanah Abang Punya Lapak di Dalam Pasar
Razia pedagang di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat--Metrotvnews.com/M Sholahadhin Azhar

Metrotvnews.com, Jakarta: Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat diklaim efektif. Camat Tanah Abang, Dedy Arif Darsono mengklaim kawasan Tanah Abang kini tertata rapi.

"Kalau enggak dilakukan penertiban akan semrawut," kata Dedy kepada Metrotvnews.com di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat 19 Mei 2017.

Melubernya PKL di trotoar, karena kawasan Tanah Abang sangat ramai. Meskipun, sebagian besar memiliki lapak di dalam pasar.
 
Baca: PKL Tanah Abang Diminta Menghargai Hak Pejalan Kaki

Jika tidak dirazia, Dedy menyebut hobi itu tak akan bisa surut. "Kalau enggak dijaga ya pasti curi-curi kesempatan," imbuhnya.

Baca: Meski Dirazia, PKL Tetap Kembali ke Tanah Abang

Sementara itu, Kasiop Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Pusat, Santoso menyebut kebiasaan pedagang meluber ke trotoar dan jalanan semakin parah sekarang, mendekati bulan Ramadan.

Untuk itu ada mekanisme penertiban gabungan, sebab faktanya pengunjung juga naik tiga kali lipat. Menurut data dari Sutanto, pembeli yang biasanya hanya sebanyak 100 ribu orang perhari menjadi 300 ribu orang. "Ya kita meningkatkan personil juga, dari yang biasanya 100 personil jadi 300," ucap Sutanto.


(YDH)