Djarot: Rumah Sakit Swasta harus Ingat Misi Sosial

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 11 Sep 2017 11:45 WIB
fasilitas kesehatan
Djarot: Rumah Sakit Swasta harus Ingat Misi Sosial
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat --Metrotvnews.com/Nur Azizah

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta rumah sakit swasta tetap mengedepankan misi sosial dalam melayani warga. Rumah sakit, kata dia, tidak boleh menekankan soal pemberatan biaya kepada pasien.

"Misi utama rumah sakit adalah menyelamatkan jiwa orang lain. Kalau dia hanya berorientasi kepada keuntungan semata, itu sudah enggak benar, sudah melenceng," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 11 September 2017.

Hal ini disampaikan Djarot menyusul kasus kematian bayi Deborah. Kematian Deborah ditengarai lantaran proses administrasi yang lama akibat orang tua kurang biaya. 

Terkait itu, Djarot mengingatkan kepada rumah sakit swasta agar lebih proporsional dalam memberikan pelayanan. Sebab, untuk beberapa kasus ada penanganan yang diberikan secara berlebihan.

"Kalau enggak perlu operasi, enggak usah operasi. Kalau perlu pengobatan, tidak harus semuanya dengan hitung-hitungan, diberikan penanganan berlebih sehingga biayanya mahal. Ini lho kadang-kadang," kata dia.

Agar kejadian serupa tak terulang, dia mengajak rumah sakit swasta bergabung dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan (BPJS). "Yang wajib itu rumah sakit milik pemerintah, rumah sakit swasta ini harus kita dorong juga. Karena kita harap 2019 semua warga negara itu dijamin penanganan kesehatannya," kata Djarot.




(REN)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

3 hours Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA