Polisi Sebut Konflik GP Ansor dan FPI di Kramat Salah Paham

Damar Iradat    •    Selasa, 18 Apr 2017 14:20 WIB
fpi
Polisi Sebut Konflik GP Ansor dan FPI di Kramat Salah Paham
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Foto: MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepolisian memastikan tidak ada gesekan antara dua ormas Islam di Jalan Kramat Lontar, Kramat, Jakarta Pusat, Selasa dini hari, 18 April. Masalah tersebut sudah diatasi secara musyawarah.
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pada Selasa dini hari memang sempat muncul ketegangan antara GP Ansor dan FPI di Jalan Kramat Lontar. Ketegangan dipicu oleh kesalahpahaman dari dua belah pihak.
 
"Sudah kita koordinasikan, salah informasi, sudah diselesaikan," kata Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, 18 April 2017.
 
Ketegangan bermula dari saat Ketua DPP Fatayat NU, Ita tengah mempersiapkan acara istigasah di kediamannya. Panwascam setempat yang mengetahui hal tersebut sempat mempertanyakan rencana istigasah dan memperingatkan Ita agar acara Istigasah di masa tenang diizinkan, tapi dilarang membagi-bagikan sembako dalam acara itu, lantaran terindikasi kegiatan tersebut bermuatan politik.
 
Kemudian, sekira pukul 01.15 WIB belasan orang yang memakai seragam khas GP Ansor masuk ke Jalan Kramat Lontar Raya untuk memastikan informasi jika warga sekitar, atau FPI menghalangi kegiatan Istigasah. Sementara, warga sekitar mengira kedatangan GP Ansor untuk menyerang kampungnya.
 
"Sehingga menimbulkan keributan antar warga Kramat Lontar dengan kelompok GP Ansor," paparnya.
 
Argo menjelaskan, di sekitar lokasi juga terdapat tinggal Ketua Laskar FPI DKI, Buya Abdul Majid. Dari situ, pihak FPI merasa bakal diserang oleh GP Ansor.
 
Kelompok GP Ansor akhirnya mundur dan hanya berkumpul di markas GP Ansor. Sedangkan, sekitar pukul 02.00 WIB, ratusan massa FPI tiba-tiba mendatangi kediaman Buya Abdul Majid dan melaksanakan salawatan.
 
"Polisi akhirnya menenangkan kedua belah pihak dan ketegangan mereda sekitar pukul 04.00 WIB," tandasnya.


(FZN)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

1 hour Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA