Djarot Masih Tunggu Kajian Masuk Ancol Gratis

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 11 Oct 2017 11:36 WIB
pembangunan jaya ancol
Djarot Masih Tunggu Kajian Masuk Ancol Gratis
Pengunjung memasuki kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, di Jakarta. Foto: Antara/Galih Pradipta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat belum bisa memastikan pembebasan biaya masuk ke tempat hiburan Ancol, Jakarta Utara. Dia sedang menunggu kajian terlebih dahulu.

"Saya masih tunggu tanggal 14 kajiannya seperti apa," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Oktober 2017.

Djarot mengatakan, ide pembebasan biaya masuk Ancol berasal dari pemikiran Presiden pertama Soekarno. Bung Karno, kata dia, ingin agar ada pantai bagus di Jakarta yang bisa diakses publik secara gratis.

"Maka dari itu saya sampaikan sekarang bisa enggak? Tolong dikaji. Nah, karena saya tahu Ancol kami punya (saham) 72 persen saya minta dikaji," ujar Djarot.

Baca: Tarif Masuk Gratis Bisa Tingkatkan Aktifitas Pasar Seni di Ancol

Hitung-hitungan Djarot, bisa saja masuk Ancol gratis namun dibarengi dengan sejumlah kebijakan. Contohnya, penerapan pajak progresif untuk kendaraan hingga pemberlakuan sistem bazar.

"Jadi coba hitung juga multiple effect-nya. Kemudian karena gratis maka akan lebih banyak masuk wahana. Jadi itu juga harus dihitung," pungkas dia.


(OGI)