Anies Apresiasi Wanita TNI dan Polri

Fachri Audhia Hafiez    •    Rabu, 25 Apr 2018 10:57 WIB
Hari Kartini
Anies Apresiasi Wanita TNI dan Polri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez,

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi keberadaan wanita TNI Polri yang terus berjuang menjaga kedaulatan Indonesia. Bagi Anies, keberadaan mereka tidak bisa dipandang sebelah mata.
 
Hal itu diungkapkan Anies saat menghadiri apel bersama wanita TNI dan Polwan di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, dalam rangka peringatan Hari Kartini.
 
Anies menyampaikan apresiasi pada wanita yang bertugas di TNI dan Polri. Menurutnya, pemilihan tema dalam pagelaran acara tersebut menarik karena mengangkat cerita Laksamana Malahayati.
 
"Dipilih tema seorang laksamana perempuan Malahayati abad ke-16. Itu sangat menarik karena menjadi salah satu laksamana perempuan pertama dan mungkin satu-satunya pada masa itu," ujar Anies di sela-sela acara, Rabu, 25 April 2018.

Baca: Kartini NasDem Hadir untuk Bangsa dan Negara

Anies berharap, cerita Laksamana Malahayati bisa diperkenalkan ke anak-anak. Menurutnya, perjuangan melawan Portugis tidak hanya dilakukan laki-laki, ada peran wanita yang ikut berjuang.
 
"Tradisi perjuangan ada pada kaum perempuan. Mereka akan meneruskan tradisi itu pada anak-anaknya," tutur Anies.
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bangga banyak perempuan yang bertugas di TNI dan Polri sebagai garda terdepan.
 
"Insyaallah ini bisa mengirimkan pesan pada dunia, bangsa ini memiliki sejarah kesejajaran peran antara laki-laki dan perempuan dalam semua bidang dan kesempatan yang sama," ujar Anies.
 
Acara Apel Bersama Wanita TNI dan Polwan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Wanita TNI-Polwan, PNS Wanita TNI-Polri, Aparat Negeri Sipil Departemen dan Lembaga serta Wanita komponen bangsa lainnya.
 
Apel bersama dimeriahkan dengan berbagai atraksi seperti, drama kolosal Malahayati dan Kartini, berkuda, atraksi motor gede (moge), serta terjun payung.




(FZN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA