Pemprov DKI Ingin Dilibatkan dalam Proyek 6 Ruas Tol

Siti Yona Hukmana    •    Sabtu, 14 Jul 2018 20:35 WIB
jalan toltransportasi
Pemprov DKI Ingin Dilibatkan dalam Proyek 6 Ruas Tol
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Foto: Siti Yona Hukmana/Medcom.id

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin ada kerja sama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam proyek pembangunan enam ruas tol dalam kota. Dia menilai Pemerintah Pusat tak bisa melakukan proyek tersebut tanpa melibatkan semua sektor.

"Saya pengalaman membangun jalan tol, pembangunan infrastruktur itu tidak bisa kerja sendiri tapi harus melibatkan begitu banyak sinergi dari berbagai sektor," kata Sandi di Ruang MH Thamrin Kompleks Wali Kota Jakarta Barat, Sabtu, 14 Juli 2018.

Sandi mengakui pernah menolak proyek tol dalam kota. Proyek itu dianggap menimbulkan kemacetan. Namun, kata dia, Pemerintah Pusat juga harus melibatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menjalankan proyek tersebut.

"Salah satu yang paling harus terlibat adalah dari wilayah DKI. Itu dibangun di wilayah DKI, di atas jalan DKI, jadi DKI pasti akan harus terlibat," kata dia.

Baca: Anies-Sandi Berbalik Dukung Pembangunan 6 Ruas Tol

Sandi tak mengerti keputusan Pemerintah Pusat yang mengambil proyek ini dari Pemprov DKI pada 2017 dan menjadikannya proyek strategis nasional. Namun, dia tak mau berpolemik panjang mengenai masalah tersebut.

"Jadi ini timing-nya memang terjadi setelah pilkada selesai. Saya sih husnudzon. Saya pikir mungkin pemerintah pusat menganggap bahwa ini proyek yang strategis dan harus dijalankan secara spontan, secepatnya," ujar dia.

Proyek strategis nasional itu dilakukan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Mereka yang memberikan konsesi jalan tol tersebut kepada perusahaan Jakarta Toll Road Development," beber dia.

Proyek pembangunan enam ruas tol dalam kota saat ini masuk fase satu sepanjang 30 kilometer (km). Pengerjaan dibagi tiga seksi. 

Seksi A terdiri atas Kelapa Gading-Pulogebang sepanjang 9,3 km. Seksi B terbentang dari Grogol-Semanan sepanjang 8,3 km dan seksi C Grogol-Kelapa Gading sepanjang 12,3 km.


(AZF)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA