Pemprov DKI akan Sediakan Bus Kelas Dunia untuk Masuk ke Perumahan Elite

Intan fauzi    •    Kamis, 20 Oct 2016 04:03 WIB
bus transjakarta
Pemprov DKI akan Sediakan Bus Kelas Dunia untuk Masuk ke Perumahan Elite
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemprov DKI Jakarta terus berusaha menarik warga supaya mau beralih menggunakan transportasi umum. Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama mengungkapkan, ia mau warga Jakarta suka naik bus.

Paling sulit menarik minat warga kalangan menengah ke atas untuk menggunakan bus. Oleh karena itu, Ahok, meminta PT TransJakarta menyediakan bus kelas dunia untuk masuk perumahan-perumahan elite.

"Kami mau pesan bus yang bentuknya kaya bus wisata untuk masuk ke perumahan, supaya orang elite berasa naik bus wisata," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2016).

Bus mewah dengan konsep bus wisata itu kursinya akan seempuk sofa dan semua kursi menghadap ke depan. "Akhir tahun akan mulai masuk," lanjut Ahok.

Kendati ditujukan untuk kalangan menengah ke atas, bus mewah sebenarnya dapat digunakan oleh kalangan apapun. Tidak ada batasan khusus untuk penumpangnya. Bahkan bagi beberapa kelompok masyarakat tetap digratiskan.

"Miskin atau kaya boleh naik kok, dan semua yang gaji UMP boleh baik bus tidak bayar termasuk yang tinggal di rusun," jelas Ahok.

Ahok mengatakan, belum ada rencana menaikkan tarif khusus untuk bus mewah itu. "Nanti kita akan gunakan (kartu) tap ini, dari sini baru ketahuan kita mau naikin apa enggak, sementara sama semua (harganya)," ujar Ahok.

Ahok juga meminta produsen bus dunia, seperti Volvo, Mercedes Benz, MAN, Scania untuk masuk dalam proyek tersebut. "Syukur-syukur mau sumbang dulu," pungkas Ahok.


(DEN)