Pilkada Serentak 2017

Jadi Penantang Petahana, Anies: Ada Banyak yang Berkomunikasi

Dheri Agriesta    •    Rabu, 21 Sep 2016 16:51 WIB
pilgub dki 2017
Jadi Penantang Petahana, Anies: Ada Banyak yang Berkomunikasi
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan di kediamannya. Foto: MI/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Anies Baswedan santer digadang-gadang menjadi salah satu pilihan alternatif partai politik bertarung melawan bakal calon petahana Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama di Pilgub DKI Jakarta 2017. Nama Anies makin moncer setelah PDI Perjuangan resmi mendeklarasikan Ahok sebagai bakal calon gubernur berpasangan Djarot Saiful Hidayat.

Anies yang dekat dengan calon gubernur dari Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno tak menampik ada partai yang telah berkomunikasi.

"Ada banyak yang berkomunikasi, ada. Nanti kalau saya bilang enggak ada, saya salah," ujar Anies usai bertemu perwakilan masyarakat Jakarta di kediamannya, Jalan Lebak Bulus II, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rabu (21/9/2016).

Anies menghormati dan menghargai partai untuk menentukan pilihan calon yang bakal diusung di Pilgub DKI 2017. Anies menjelaskan, saat ini partai tengah bermusyawarah menentukan pilihan mereka. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memilih menunggu putusan yang diambil partai.


Mantan Menteri Anies Baswedan saat menerima sejumlah warga di kediamannya, Jalan Lebak Bulus II, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rabu (21/9/2016). Sejumlah warga meminta Anies agar bersedia maju di Pilgub DKI Jakarta 2017. Foto: Metrotvnews.com/Dheri Agriesta

Anies tak ingin merinci partai mana saja yang sudah mendekatinya. Mantan Rektor Universitas Paramadina ini mengaku, tak hanya berkomunikasi dengan partai, tapi juga kolega dari universitas, organisasi masyarakat, dan tokoh masyarakat.

Partai yang mengatasnamakan Koalisi Kekeluargaan dikabarkan akan mengadakan pertemuan di Kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono malam ini. Mereka akan menentukan pilihan pasangan mana yang akan diusung menyaingi duet calon petahana, Ahok-Djarot. Anies mengaku tak mendapatkan undangan datang ke Cikeas.

"Oh enggak, lagipula saya memang bukan pengurus partai, tentu saja tidak hadir dalam pertemuan," kata Anies.


Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (tengah) tiba di Gedung KPUD Jakarta, Rabu, (21/9/2016). Ahok tiba bersama Wakilnya Djarot Saiful Hidayat dan Megawati yang nantinya akan berpasangan dalam Pilkada Serentak 2017. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia

Nama Anies Baswedan muncul setelah beragam hasil survei memperlihatkan popularitasnya sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Anies mengaku tak pernah bicara tentang kemungkinan maju menduduki kursi DKI 1.

Kemungkinan Anies maju semakin kuat setelah calon gubernur dari Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno mengaku bertemu Anies. Sandi menjelaskan, pertemuan dengan Anies membahas kemungkinan maju di DKI 1. Sandi bahkan mengaku bersedia maju sebagai calon wakil gubernur, jika Anies bersedia maju bersamanya.

 


(MBM)

Video /