Pilkada Serentak 2017

KPU DKI Periksa Kesehatan Bakal Cagub-Cawagub Akhir Pekan Ini

Wanda Indana    •    Kamis, 22 Sep 2016 14:04 WIB
pilgub dki 2017
KPU DKI Periksa Kesehatan Bakal Cagub-Cawagub Akhir Pekan Ini
Ketua KPUD DKI Sumarno--MI/Atet Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan melakukan rangkaian pemeriksaan kesehatan kandidat bakal calon gubernur dan wakil gubernur, akhir pekan ini.  Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintoharjo, Jakarta Pusat.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan pihaknya sudah memberikan jadwal, dan buku panduan pemeriksaan kesehatan kepada paslon yang sudah mendaftar. Pemeriksaan dilakukan selama dua hari, dari 24 hingga 26 September 2016.

"Kemarin sudah kita informasikan dan jadwalnya sekaligus buku panduan pemeriksaan kesehatan dan persiapan yang harus dilakukan. Sudah disampaikan kepada pasangan yang telah mendaftar," kata Sumarno di Gedung KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2016).
 

Ketua KPUD DKI Sumarno--Metrotvnews.com/Wanda Indana

Sumarno menjelaskan, semua paslon akan melakukan pemeriksaan kesehatan d hari yang sama. KPU DKI sudah berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo bahwa kemungkinan ada tiga paslon yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan. Jumlah itu berdasarkan jumlah perolehan kursi masing-masing parpol yang mengusung paslon.

"Sudah diatur (pemeriksaan kesehatan), saya sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit, tempat-tempatnya untuk masing-masing calon juga sudah diatur sedemikian rupa. Kita antisipasi untuk empat paslon, tapi kalau cuma ada 3 atau 2 paslon saja itu pasti sudah safe," pungkas Sumarno.

Baca: Begini Proses Pemeriksaan Kesehatan Cagub & Cawagub DKI

Bakal cagub dan cawagub DKI Jakarta akan mengikuti proses rangkaian pemeriksaan. Paslon Bakal cagub dan cawagub DKI Jakarta akan diberikan penjelasan serangkaian prosedur materi pemeriksaan, sebelum memasuki ruang medical check up yang berada di lantai 3 gedung Unit rawat jalan A.

Bakal cagub dan cawagub pun diberikan perlakuan standar VVIP. Nantinya, akan ada total 171 personel baik dokter TNI Al maupun dokter umum dan spesialis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), serta Perhimpunan Psikologi Indonesia (HIPSI).


Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo melakukan uji pemeriksaan kesehatan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta--Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Tak hanya itu, semua pasangan bakal calon juga akan dicek apakah mereka mengonsumsi narkoba atau tidak. Pemeriksaan ini melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN)

"Kita lakukan pemeriksaan dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Jadi istilah kita head to foot," kata Kepala RSAL Mintohardjo Kolonel Wiweka di kantornya, Jalan Bendungan Hilir 17 Jakarta Pusat, Rabu 21 September.

Materi pemeriksaan dilakukan dengan materi standar calon pejabat negara. Menurut Wiweka, materi meliputi pemeriksaan USG, Neorologi, Bedah umum, Ortopedi, Bedah Neurologi, pemeriksaan jantung, Tredmil, dan THT. Pemeriksaan ditunjang peralatan canggih dan modern.


(YDH)

Pilgub DKI Dinilai Rawan Penyalahgunaan Isu SARA

Pilgub DKI Dinilai Rawan Penyalahgunaan Isu SARA

3 hours Ago

Pengamat politik Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti menilai Pilgub DKI rawan terjadi penyala…

BERITA LAINNYA
Video /