Ada 1 Kg Paku di Monas Usai Perayaan Tahun Baru

Dhaifurrakhman Abas    •    Rabu, 03 Jan 2018 10:46 WIB
monastahun baruperayaan tahun baru
Ada 1 Kg Paku di Monas Usai Perayaan Tahun Baru
Ilustrasi--Petugas kebersihan membersihkan sisa sampah perayaan tahun baru di Monas. Foto: Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.

Jakarta: Usai perayaan tahun baru, petugas menemukan paku bekas di areal Monumen Nasional (Monas). Ada satu kilogram sampah paku yang berhasil dikumpulkan.

Jumlah sampah paku tersebut meningkat pesat jika dibandingkan dengan perayaan tahun lalu. "Tahun lalu sembilan kendaran operasional UPK kempis akibat sampah paku. Padahal paku yang ditemukan hanya segelintir," kata Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Arista Nurbaya, kepada Medcom.id, di Monas, Jakarta Pusat, selasa, 2 Januari 2018.

Baca: Monas Bau Pesing Usai Malam Tahun Baru

Sampah paku tersebut, kata Arista, berasal dari panggung yang sudah dibongkar. Panggung tersebut digunakan saat  acara pagelaran malam tahun baru. Paku-paku tersebut ditemukan di area silang monas. "Yang dikhawatirkan membuat mobil kita kempis. Apalagi kalau sampai terinjak oleh pengunjung," ucapnya.

Guna mengembalikan kebersihan Monas, 230 petugas gabungan dari seluruh unit UPK Monas hingga Pemadam Kebakaran. Ratusan petugas gabungan itu membersihkan sampah sisa perayaan. Seperti sampah botol minuman, puntung rokok, pelastik makanan hingga dedaunan. 

"Jujur saja petugas tidak tidur, over work, agar Monas kembali bersih," tandas dia.

Baca: Pembenahan Rumput Monas tak Keluarkan Dana

Selain sampah, masalah lain yang muncul adalah kerusakan rumput Monas. Namun, UPK Monas tak khawatir dengan kerusakan rumput dan tanaman di kawasan Monas. UPK Monas telah memiliki sistem pengelolaan yang baik menyikapi masalah serupa ini.

Arista mengatakan telah memiliki sistem penyulaman swakelola rumput dan tanaman untuk menekan biaya perawatan dan perbaikan. Sistem ini, kata dia, dilakukan dengan mengambil akar rumput yang masih tertanam baik di wilayah yang tidak rusak. Akar rumput tersebut kemudian ditanam di bagian yang rusak untuk tumbuh. Meski tak mengeluarkan dana, dibutuhkan tenaga untuk mengerjakan hal itu. 



(YDH)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA