Cerita Sang Penjahit Baju Pelantikan Anies

Lis Pratiwi    •    Jumat, 13 Oct 2017 19:37 WIB
gubernur dki jakartapelantikan gubernuranies-sandi
Cerita Sang Penjahit Baju Pelantikan Anies
Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan pakaian dinas upacara melakukan sesi pemotretan di Jakarta, Kamis (12/10/2017). Foto: Antara/Dedy Wijaya

Metrotvnews.com, Jakarta: Rabu, 20 September 2017 hari pertama Thio Ahmad Hendra bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Rasyid Baswedan. Hendra merupakan pemilik Chiu Tailor, penjahit yang dipercaya membuat pakaian upacara untuk pelantikan Anies di Istana Negara nanti.

Hendra mengaku diminta langsung oleh biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH-KLN) DKI Jakarta untuk menjahit pakaian upacara gubernur. Usai jadwal ditentukan, ia pun bertandang ke kediaman Anies di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Pak Anies sempat bertanya apakah saya sudah lama jadi penjahit langganan Pemda?," ujar Hendra saat ditemui Metrotvnews.com di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat 13 Oktober 2017.

Baca juga: Ada Lipatan, Baju Pelantikan Anies Diperbaiki

Hendra pun menjelaskan bahwa ia sudah menjahit pakaian di kalangan pejabat DKI Jakarta sejak tahun 1977-1982. "Sejak dari zaman Pak masa Tjokropronolo," balas Hendra kepada Anies.

"Lama dong berarti, saya baru selesai Sekolah Dasar," jawab Hendra meniru ucapan Anies.

"Tapi sudah lama saya tidak jadi penjahit pakaian gubernur, mungkin karena sudah punya penjahit langganan masing-masing," ujar Hendra kembali.

Saat hari pengukuran, staf Anies sempat melakukan foto-foto aktivitasnya untuk dokumentasi. Hendra sempat merasa keberatan karena takut membuat pekerjaanya tidak fokus.

"Saya bilang jangan difoto, nanti saya grogi malah jadi jelek jahitnya. Kalau sudah jadi, baru boleh foto-foto biar bagus," kisah Hendra.

Baca juga: Di Balik Upah Mahal Seragam Anies Baswedan

Mendengar ucapannya saat itu, Anies justru tertawa. "Saya kan baru kenal kemarin, saya pikir Pak Anies seperti apa, tahunya ramah. Ternyata Pak Anies baik," tutur dia.

Anies tidak banyak menuntut sebagai pelanggan. Bahkan menurutnya, Anies tidak tahu pakaian seperti apa yang akan dibuatkan untuknya. "Karena yang menyiapkan semua itu Pemda, baik model maupun bahannya. Jadi enggak ada permintaan khusus dari Pak Anies," sambung dia.

Hingga kini, Hendra mengaku sudah empat kali bertemu Anies, yakni pada saat pengukuran 20 September 2017, fitting pertama 29 September 2017, fitting kedua awal Oktober 2017, dan pemotretan profil gubernur di Jalan Tirtayasa, Jakarta Selatan kemarin, 12 Oktober 2017.


(CIT)