Jembatan Layang Pancoran Diuji Coba Besok

M Sholahadhin Azhar    •    Minggu, 14 Jan 2018 18:06 WIB
infrastrukturjalan layang
Jembatan Layang Pancoran Diuji Coba Besok
Sejumlah kendaraan melintas di samping lokasi pembangunan jalan layang Pancoran, Jakarta. Foto: Antara/Aprillio Akbar.

Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjanjikan Jembatan Layang Pancoran, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, bakal beroperasi secepat mungkin. Senin besok, 15 Januari 2017, flyover itu akan melewati tahapan uji coba.

"Hari ini kita meninjau, sudah siap untuk dibuka besok, alhamdulillah. Mudah-mudahan tidak hujan sehingga pekerjaan akhir dari marka jalan selesai," kata Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno di lokasi, Jakarta Selatan, Minggu, 14 Januari 2018.

Uji coba bakal dilakukan pukul 06.00 WIB besok. Jalan layang sepanjang 740 meter ini diharapkan bisa menggerus kemacetan di Ibu Kota. 

"(Uji coba) tidak pakai seremoni, tidak pakai acara-acaraan. Langsung saja (uji coba) karena ini warga Jakarta sudah sangat-sangat menunggu," imbuh dia.

Saat ini, waktu tempuh kendaraan dari Cawang menuju Pancoran berkisar 12 menit. Waktu tempuh itu diharapkan bisa dipersingkat dengan kehadiran jalan layang ini. 

Sandi memastikan petugas bakal menyelesaikan perlengkapan Flyover Pancoran tepat waktu. Rambu, marka jalan dan penerangan dipastikan akan terpasang saat uji coba. 

Baca: Bangun 3 Flyover dan 3 Underpass, Pemprov DKI Gelontorkan Anggaran Rp750 Miliar

"Marka sudah hampir final, tinggal ada beberapa tempat. Jadi malam ini kita akan kebutlah. Mudah-mudahan cuacanya bersahabat," ujar Sandi.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga DKI Yusmada Faizal menambahkan sertifikat layak fungsi atau uji jalan layang ini tengah diproses oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sertifikat dipastikan segera terbit.

"Uji coba kan begitu langsung kita lihat lalu lintasnya. Kalau yang dimaksud layak uji itu uji beban, uji struktur jembatan ini. Kalau layak fungsinya itu kan marka ada, rambu ada, aspalnya mulus itu sudah layak," sebut dia.





(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA