Aturan Ganjil Genap GT Bekasi Barat Diberlakukan

Dhaifurrakhman Abas    •    Senin, 12 Mar 2018 08:01 WIB
sistem ganjil genap
Aturan Ganjil Genap GT Bekasi Barat Diberlakukan
Ilustrasi GT Bekasi Barat/ANT/Risky Andrianto

Jakarta: Aturan ganjil genap di pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur resmi diberlakukan, Senin, 12 Maret 2018. Peraturan itu berlaku Senin hingga Jumat mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB.

Hanya mobil dengan pelat nomor akhir bilangan genap yang bisa masuk ke Tol Jakarta-Cikampek melalui akses Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Sehari kemudian, atau pada 13 Maret Maret 2018, skema  berganti menjadi mobil dengan pelat nomor ganjil bisa melalui kedua GT tersebut.

Aturan ini dibuat untuk mengurangi volume kendaraan dan mengurangi kemacetan. Masyarakat diharapkan beralih menggunakan angkutan umum yang sudah disediakan pemerintah maupun yang sudah lama beroperasi melintasi GT Bekasi Barat.

Baca: Kemenhub Sediakan Kantong Parkir di GT Bekasi Barat dan Timur

Beberapa hari lalu, Kepala BPTJ Bambang Prihartono menegaskan pengaturan hanya berlaku bagi mereka yang melintas dari arah Bekasi Barat dan Bekasi Timur menuju Jakarta.

"Arah sebaliknya tidak. Jadi perlu dicatat, yang kita atur di cara masuk pintu tolnya. Bukan melarang kendaraan ganjil atau genap melintas di dalam tolnya," tegas Bambang dalam jumpa pers di kantor Jasa Marga, Jakarta Timur, Kamis, 8 Maret 2018.

Pengendara mobil pribadi yang pelat nomornya tak sesuai aturan ganjil genap bisa masuk melalui gerbang til lain.pengendara bisa masuk melalui Gerbang Tol Tambun maupun Gerbang Tol Pondok Gede.

"Apabila tetap mau masuk dari Gerbang Tol Bekasi barat atau Bekasi timur, diharapkan datang lebih pagi, sebelum pukul 06.00 WIB," ucap dia.

Baca: Ganjil Genap Hanya Berlaku di GT Bekasi Barat dan Timur

BPTJ juga telah menyediakan 60 bus untuk menyokong pengemudi yang biasa mengakses Tol Jakarta-Cikampek. Sejumlah kantong parkir juga disediakan untuk pengendara kendaraan pribadi yang hendak beralih menggunakan bus.  

Lokasi kantong parkir berada di Mega Mall Bekasi, Mall Metropolitan Bekasi, Bekasi Cyber Park, dan Stadion Patriot Bekasi. Bambang menjelaskan satu kantong parkir dapat menampung 200 kendaraan.

Pengendara bisa memarkirkan mobil mereka dengan tarif Rp10 ribu. Lalu melanjutkan perjalanan dengan bus premium dengan tarif Rp20 ribu.

"Fasilitasnya colokan listrik, wifi, AC," kata Bambang.

PT Jasa Marga juga memberlakukan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) di Tol Jakarta-Cikampek. Lajur ini bisa digunakan untuk semua angkutan umum agar diharapkan bisa menarik minat pengendara untuk beralih menggunakan angkutan umum.

BPTJ menyiapkan tiga kebijakan untuk mengurangi kemacetan di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek. Kebijakan itu diterapkan per hari ini, dan diterapkan Senin sampai Jumat. Kebijakan tersebut berlaku terhitung pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. Aturan tidak berlaku hari libur.


(OJE)