Sumarsono: Jumlah Ideal Anggota TGUPP 45 Orang

Nur Azizah    •    Rabu, 06 Dec 2017 13:06 WIB
kisruh apbd dkiapbd dki 2018tim gubernur anies-sandi
Sumarsono: Jumlah Ideal Anggota TGUPP 45 Orang
Dirjen Otonomi Daerah Sumarsono (tengah) dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat. Foto: MI/Susanto.

Jakarta: Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri) Sumarsono menilai jumlah ideal anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) adalah 45 orang. Bila terlalu banyak, dia khawatir antaranggota tim malah kerap miskoordinasi.

"Idealnya 45 orang, kalau kebanyakan takut disharmoni. Bisa saja kepala dinas merasa siapa yang memerintah dia, gubernur, atau tenaga ahlinya," kata Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember 2017.

Kendati begitu, pembentukan TGUPP menjadi diskresi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selama DPRD DKI Jakarta menyetujui TGUPP, menurut Sumarsono, TGUPP tidak bermasalah. 

Namun, lanjut Sumarsono, pembentukan TGUPP harus jelas tanggung jawab dan fungsinya. Kegunaan dari 73 anggota TGUPP pun harus benar-benar jelas.

Baca: Sandiaga Optimistis Kemendagri Loloskan 73 Anggota TGUPP

"Untuk apa? Ditempatkan di mana? Dan tanggung jawabnya seperti apa? Dan deskripsinya harus jelas," ungkap dia.

Mantan pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta itu meminta Anies sebaiknya lebih memaksimalkan deputi-deputi yang sudah ada. "Kalau TGUPP lebih menonjol, deputi kerja apa? Karena itu struktural formal yang dibentuk khusus Ibu Kota Jakarta," pungkas dia.


(OGI)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

5 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA