Kursi Wagub DKI Milik PKS

Nur Azizah    •    Senin, 05 Nov 2018 17:58 WIB
Pengganti Sandiaga Uno
Kursi Wagub DKI Milik PKS
Pengurus DPD Partai Gerindra DKI dan DPW PKS DKI membahas kursi wagub DKI - Medcom.id/Nur Azizah.

Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diputuskan mengisi kursi wakil gubernur DKI Jakarta. Kesepakatan ini diambil setelah pengurus DPD Partai Gerindra DKI dan DPW PKS DKI bertemu di kantor DPD Gerindra DKI.

"Gerindra DKI Jakarta akan mengamankan kebijakan Pak Prabowo berkaitan dengan pemilihan pengisian jabatan wakil gubernur DKI Jakarta," kata Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik di kantor DPD Gerindra, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 5 November 2018.

Taufik menyebut keputusan ini sesuai arahan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sejak awal, Prabowo berjanji bakal menyerahkan kursi wagub DKI pada PKS.

Kendati demikian, Gerindra-PKS bakal membuat badan uji kelayakan dan kepatutan untuk menentukan calon pengganti Sandiaga Uno. Nantinya, nama tersebut akan disampaikan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

(Baca juga: Kemendagri Tak Bisa Intervensi Pemilihan Wagub DKI)

"Ini kesepakatan sore hari ini dan saya meyakini bahwa ini berkat bimbingan Yang Maha Kuasa sehingga terumuskanlah kesepakatan-kesepakatan itu," tutur dia. 

Dengan begitu, Taufik batal maju sebagai cawagub DKI Jakarta. Ia mengaku ikhlas. "Kita kan enggak mengejar jabatan."

PKS telah memiliki dua nama cawagub yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Ahmad Syaikhu pernah menjabat sebagai wakil wali kota Bekasi, sedangkan Agung menjabat sebagai Sekretaris DPW DKI PKS.

(Baca juga: Calon Wagub DKI Harus Mampu Percepat Pembangunan)
 


(REN)