Jadi Lapak Gerobak Sampah, Kali Grogol Tercemar

Akmal Fauzi    •    Sabtu, 15 Jul 2017 17:45 WIB
sampah jakarta
Jadi Lapak Gerobak Sampah, Kali Grogol Tercemar
Petugas memindahkan sampah dari gerobak ke truk sampah untuk dibawa ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST)di kawasan Kemayoran, Jakarta, Senin (4/7). Foto: Ramdani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Sepanjang Jalan Inspeksi Kali Grogol, Palmerah, Jakarta Barat, dijadikan tempat berhenti puluhan gerobak sampah. Akibatnya, banyak sampah yang berceceran di jalan tersebut hingga menimbulkan aroma bau tak sedap.  

Bahkan, sampah di gerobak yang terparkir berbatasan langsung dengan kali Grogol itu berceceran. Alhasil, sampah ikut terbawa aliran kali Grogol.

Saat pagi hari, sampah di dalam gerobak diangkut truk sampah. Aktifitas bongkar muat sampah ke dalam truk itu banyak dikeluhkan warga sekitar lantaran lokasi dekat dengan pemukiman.

"Setelah diangkat, walaupun gerobaknya enggak ada sampahnya juga masih bau. Itu 24 jam gerobak ada diparkir di situ," ujar Jamaludin, 41, warga setempat, Sabtu 15 Juli 2017.

Kondisi itu, kata Jamal, sudah lebih dari satu tahun. Dia meminta pemerintah bisa memindahkan gerobak dan mencari tempat lain yang jauh dari pemukiman warga.

"Belum lagi kalau ada truk sampah buat macet, bau, mengganggu warga dan pengendara," ucapnya

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Barat, Edy Mulyanto mengatakan, di lokasi itu sebelumnya ada tempat pembuangan sampah sementara (TPS) atau Dipo. Namun, pada 2016 ditiadakan oleh pihak kelurahan saat itu. Sehingga gerobak sampah berjajar di pinggir kali karena tidak ada tempat lagi.

"Seharusnya memang enggak boleh dipinggir kali. Itu membuat kali tercemar dan mengganggu terus lalu lintas, mengganggu pemandangan," ucap Edy.

Saat ini pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan untuk mencarikan TPS di lokasi lain, agar tidak ada lagi gerobak sampah serta aktivitas bongkar muat di tempat tersebut.


(AZF)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

1 hour Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA