Menengok Park and Ride di Jalan MH Thamrin

Faisal Abdalla    •    Jumat, 15 Sep 2017 19:10 WIB
pemilik mobil wajib punya garasi
Menengok <i>Park and Ride</i> di Jalan MH Thamrin
Park and ride di kawasan Jalan MH Thamrin. Foto: MTVN/Faisal Abdalla.

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta melakukan segala cara agar warga tidak menggunakan kendaraan pribadi ke pusat kota. Salah satunya menyediakan kantong-kantong parkir yang terintegrasi dengan moda transportasi umum (park and ride).
 
Salah satunya park and ride di Jalam M.H Thamrin yang terletak di samping Hotel Sari Pan Pacific. Tempat parkir itu dekat dengan Halte TransJakarta di dekat Sarinah.

Baca: Warga Dilarang Menggunakan Lahan Park and Ride untuk Garasi

"Kita menerapkan tarif flat, yaitu Rp 5 ribu untuk kendaraan pribadi dan Rp 8 ribu untuk bus," ujar salah seorang petugas parkir yang enggan disebutkan namanya, Jumat 15 September 2017.
 
Berdasarkan pantauan Metrotvnews.com, lahan parkir seluas 8.710 meter persegi itu belum diaspal. Kendaraan yang parkir juga belum terlalu banyak.
 
"Per hari rata-rata hanya seratus kendaraan saja yang parkir di sini," katanya
 
Burhan, salah seorang juru mudi yang memarkir kendaraannya di park and ride M.H Thamrin mengaku hanya memanfaatkan lahan itu untuk beristirahat.
 
"Saya istirahat saja di sini, karena tadi habis antar tamu ke hotel," kata Burhan kepada Metrotvnews.com

Baca: Park and Ride Ragunan Masih Perbolehkan Warga Inapkan Kendaraan

Lahan park and ride di kawasan M.H Thamrin beroperasi dari pukul 06.00 WIB - 21.00 WIB. Dengan menerapkan jam operasional yang terbatas, lahan park and ride M.H Thamrin bebas dari kendaraan titipan warga sekitar.
 
"Kalau di sini karena tidak 24 jam, jadi tidak ada warga yang berani titipkan kendaraan, karena memang sebetulnya di park and ride manapun tidak boleh menginapkan kendaraan, termasuk yang 24 jam sekalipun" ujar petugas parkir.




(FZN)