Anies Belum Bicara dengan DPRD Terkait Pelepasan Saham Bir

Nur Azizah    •    Rabu, 16 May 2018 21:05 WIB
Penjualan saham PT Delta
Anies Belum Bicara dengan DPRD Terkait Pelepasan Saham Bir
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi (kiri) bersama Gubernur DKI Anies Baswedan (kanan) dan Wakilnya Sandiaga Uno (tengah). Foto: Antara/Galih Pradiptia.

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan akan melepas 26,25% sahamnya yang ada di perusahaan bir, PT Delta Djakarta. Namun, rencana itu belum dibicarakan dengan DPRD DKI Jakarta.
 
Pelepasan saham harus melalui proses pembahasan dan disahkan dalam rapat paripurna di DPRD DKI. Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi menyayangkan keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 
Pasalnya, perusahaan minuman beralkohol itu telah menyumbang dividen sebesar Rp38 miliar per tahun. Andai kata benar-benar dilepas, maka harus melalui kajian terlebih dahulu.
 
"Sayang sekali ya kalau sampai dilepas sahamnya," ujar Prasetio saat dihubungi, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Mei 2018.

Baca: Penjualan Saham Dikhawatirkan Persulit Kontrol Miras

Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta Santoso mengaku belum menerima pemberitahuan resmi terkait pelepasan saham. Anies-Sandi harus menjelaskan alasan kuat melepas saham PT Delta Djakarta.
 
"Saya belum tahu, kan dia harus menyampaikan, bersurat. Alasannya apa, nanti dibahas. Jadi, saya belum bisa berkomentar," tutur dia.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan percaya diri DPRD DKI Jakarta akan mengabulkan keinginannya. Bila dilepas, Pemprov bakal mendapat uang sebesar Rp1 triliun.
 
Rencananya, uang tersebut akan dipakai untuk pembangunan infrastruktur dan lapangan pekerjaan. "Kita akan pakai untuk pembangunan, sesuai yang nyata dirasakan masyarakat," pungkas Anies.


(FZN)