Kebijakan Ganjil-Genap tak Berlaku Selama Libur Lebaran

Eko Nordiansyah    •    Senin, 11 Jun 2018 07:13 WIB
sistem ganjil genap
Kebijakan Ganjil-Genap tak Berlaku Selama Libur Lebaran
Ilustrasi kendaraan. ANT/Galih Pradipta.

Jakarta: Sistem ganjil-genap di sejumlah ruas jalan di Jakarta tidak diberlakukan selama libur dan cuti Lebaran 2018. Kebijakan itu merujuk pada keputusan pemerintah soal libur dan cuti bersama.

"Selama libur atau cuti bersama Idul Fitri tahun 2018, ganjil-genap Sudirman-Thamrin-Jalan Gatot Subroto tidak diberlakukan," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto dalam keterangannya, Senin, 11 Juni 2018.

Ia menambahkan, peraturan ganjil-genap tidak diberlakukan mulai tanggal 11 sampai dengan 20 Juni 2018. Kebijakan itu telah dikoordinasikan dengan sejumlah pihak terkait.

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 164 tahun 2016 pasal 3 ayat (2), dan hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI bahwa hari libur atau cuti bersama Idul Fitri 2018 termasuk libur nasional.

"Maka pembatasan lalu lintas (gage) selama libur atau cuti bersama, tanggal 11 Juni sampai dengan 20 Juni 2018, tidak diberlakukan," jelas dia.

Tak hanya itu, kebijakan ganjil-genap di Pintu Tol Bekasi (Barat dan Timur), Cibubur, Kunciran, Tangerang, dan Karawaci otomatis tidak berlaku selama cuti bersama lebaran. Kepala Bagian Humas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Budi Rahardjo mengatakan hal ini sesuai keputusan pemerintah.

"Cuti bersama Lebaran 2018 merupakan hari libur resmi yang ditetapkan pemerintah melalui Keppres Nomor 13 Tahun 2018, dengan demikian dapat diperlakukan sama dengan hari libur nasional yang memungkinkan kebijakan ganjil-genap sementara tidak berlaku," katanya.

Menurut Budi, keputusan tersebut sesuai dengan payung hukum yaitu Peraturan Menteri Perhubungan PM Nomor 18 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Perhubungan PM Nomor 36 Tahun 2018 yang menyebutkan bahwa kebijakan tidak berlaku selama hari libur nasional.


(DRI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA