Djarot Saran Ahok tak Ditahan di Rutan Cipinang

LB Ciputri Hutabarat    •    Sabtu, 10 Jun 2017 19:40 WIB
dki jakartakasus hukum ahok
Djarot Saran Ahok tak Ditahan di Rutan Cipinang
Djarot Saiful Hidayat saat menyambangi Basuki Tjahaja Purnama yang ditahan di Rutan Cipinang beberapa waktu lalu. Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyarankan agar Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak ditahan di LP Cipinang, Jakarta Timur. Dikhawatirkan penahanan Ahok justru membuat kondisi tidak kondusif.

"Sebaiknya kalau di Cipinang jangan ya, karena saya sudah masuk ke dalam di dalam rawan di luar rawan," kata Djarot di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Sabtu, 10 Juni 2017.

Lalu lintas di luar LP Cipinang rentan terganggu lalu bila ada penolakan-penolakan lain pascapemindahan Ahok. Penahanan Ahok usai pembacaan tuntutan menjadi contoh.

"Lihat waktu pertama ke sana, jalan diblok lho," ungkap Djarot.

Tak hanya itu, narapidana di Rutan dan Lapas Cipinang dikhawatirkan akan terganggu bila ada aksi di luar Lapas Cipinang. Sebab kondisi Lapas Cipinang sangat padat.

Beberapa hari yang lalu, Jaksa mencabut banding atas kasus yang membeli Ahok. Pencabutan ini mengartikan Ahok resmi menjadi narapidana dan kemungkinan dipindahkan ke LP Cipinang.

Djarot menyarankan Ahok tetap di Mako Brimob. "Kalau tidak berkekuatan hukum tetap, tidak inkrah sementara di Mako saja dulu, di Cipinang over kapasitas ya," tandas dia.


(SUR)

Selamatkan Partai, Novanto Diminta Tempuh Praperadilan

Selamatkan Partai, Novanto Diminta Tempuh Praperadilan

2 hours Ago

Status tersangka Novanto dinilai akan memengaruhi partai dalam kontestasi politik yang akan dat…

BERITA LAINNYA