Pelayanan Berbasis Elektronik Inisiatif Polri Berantas Korupsi

Damar Iradat    •    Jumat, 16 Dec 2016 11:38 WIB
tilang elektronik
Pelayanan Berbasis Elektronik Inisiatif Polri Berantas Korupsi
Ilustrasi/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Korps Lalu Lintas Polri membenahi sistem pelayanan. Mulai hari ini, pelayanan seperti pembayaran pajak tahunan kendaraan, memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), dan mengurus proses hukum tilang dapat dilakukan secara elektronik serta online.

Program pelayanan yang akan mulai beroperasi secara elektronik adalah e-Samsat, e-Tilang, dan SIM online. Program ini merupakan inisiatif Polri dalam memberantas korupsi.

Kabid Gakkum Korlantas Polri Kombes Pol Chrisnanda mengatakan, seluruh sistem elektronik merupakan salah satu tujuan Polri membangun pelayanan prima, cepat, dan tepat. Sistem elektronik juga bertujuan membangun pelayanan akurat, akuntabel, transparan, informatif, serta mudah diakses dalam proses.

"Ini lah bagaimana kita meningkatkan kualitas. Mengingatkan keselamatan berkendara, serta menurunkan korban kecelakaan," ungkap Chrisnanda di Satpas SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (16/12/2016).

Melalui program ini, Chrisnanda berharap perilaku masyarakat dalam berkendara berubah. Masyarakat, kata dia, diminta tidak lagi melakukan pelanggaran.

Ia tak mau angka kematian akibat kecelakaan meningkat karena pelanggaran lalu lintas. Chrisnanda mengatakan, rata-rata 60-70 orang meninggal setiap hari.  Beberapa mengalami kecacatan. Tertib berkendara menjadi sangat penting.

"Sayangilah diri, karena keselamatan adalah utama. Kita sadar aset utama negara adalah sumber daya manusianya," tutur dia.


(OJE)

Sidang Praperadilan Setnov Digelar 30 November

Sidang Praperadilan Setnov Digelar 30 November

17 minutes Ago

PN Jakarta Selatan mengagendakan sidang perdana gugatan praperadilan Ketua DPR Setya Novanto pa…

BERITA LAINNYA