Penerima KJP Terus Meningkat

Nur Azizah    •    Selasa, 18 Oct 2016 07:34 WIB
kjp
Penerima KJP Terus Meningkat
Ilustrasi KJP/MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) meningkat setiap tahun. Pada 2015, ada sekitar sekitar 561.400 peserta didik penerima KJP.  Sementara pada tahap pertama 2016, tercatat ada  531.700  peserta didik penerima KJP. Angka itu bertambah pada tahap dua 2016, menjadi 692.200 peserta didik.

Menurut Kasubbag TU Pusat Perencanaan, Pengendalian Pendanaan Pendidikan Personal dan Operasioal (6O) Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Suharso, peningkatan tersebut terjadi karena intensnya sosialisasi ke masyarakat.

“Ini menunjukan kalau warga miskin sudah mulai paham dan sadar akan pentingnya pendidikan,” kata Suharso kepada Metrotvnews.com di kantor Dinas Pendidikan DKI, Jakarta Selatan, Senin 17 Oktober.

Pemprov DKI telah mengganggarkan dana sekitar Rp2,4 triliun dari APBD 2016 untuk membantu pendidikan warga miskin. Bantuan yang diberikan pada peserta didik bervariasi, sesuai tingkat pendidikannya.

Baca: Warga Diminta Segera Lapor Jika Kesulitan Daftar KJP

Siswa SD negeri mendapat bantuan Rp210 ribu per bulan. Sementara SD swasta mendapat bantuan lebih besar, Rp340 ribu per bulan.

“Ini dikarenakan biaya SD swasta lebih mahal. Kalau sekolah negeri sudah banyak dapat bantuan dari pemerintah,” ungkap Suharso.

Siswa SMP negeri mendapat bantuan Rp260 ribu per bulan. Berbeda dengan SMP swasta yang mendapat Rp430 ribu per bulan.


Ilustrasi/MI/Angga Yuniar

Sementara SMA negeri mendapat bantuan Rp375 ribu per bulan. Sedangkan SMA swasta mendapat Rp665 ribu per bulan.

Ia berharap tak ada lagi siswa putus sekolah karena alasan tak memiliki biaya. Ia menyarankan warga miskin yang belum mendapat KJP untuk mengajukan ke sekolah.

Salah satu orang tua penerima KJP, Nur Mala, mengaku sangat terbantu dengan program KJP. Menurutnya, KJP cukup meringankan perekonomian keluarga yang hanya berpenghasilan Rp1,5 juta per bulan.

“Alhamdulillah, dari kelas satu sampai kelas empat anak saya selalu mendapat KJP,” kata Mala.

Ia tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli seragam sekolah, buku, tas, maupun sepatu. Uang yang seharusnya untuk keperluan sekolah bisa ditabung untuk keperluan lainnya.

“Jadi bisa ditabung buat nanti masuk SMP. Jaga-jaga kalau nanti anak saya enggak dapat KJP lagi,” ujar dia.

 


(OJE)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

11 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA