Alasan Anies Rombak Struktur Pejabat DKI

Nur Azizah    •    Rabu, 10 Jan 2018 17:33 WIB
dki jakarta
Alasan Anies Rombak Struktur Pejabat DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno. ANT/Galih Pradipta.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutasi sejumlah pejabat DKI Jakarta. Alasannya, untuk mengisi kekosongan dan melakukan penyegaran. 

Anies mengaku ada empat jabatan yang kosong, yakni Asisten Deputi Gubernur bidang Kebudayaan, bidang Pengendalian Permukiman, Wakil Badan Pajak dan Retribusi Daerah, serta Wakil Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah.

"Oleh karena itu kita mulai dengan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat)," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 10 Januari 2017.

Setelah hasil Beperjakat keluar, Anies berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Kemendagri lantas memberi izin untuk merombak sejumlah jabatan.

"Setelah dikasih izin langsung kita eksekusi. Dan sebenarnya proses Baperjakat sudah panjang," ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Anies juga menjabarkan alasan mengangkat Faisal Syafruddin sebagai Wakil Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah. Sebelumnya, Faisal menjabat sebagai sekretaris BPRD.

"Kita angkat karena memang enggak ada wakil. Semua yang kami angkat sudah berdasarkan kompetensi, relevansi, dan prestasi. Lalu promosi," pungkas Anies.

Kedelapan nama yang menjabat jabatan baru ialah, Rustam Effendi sebagai Kepala Biro Admisnitrasi Sekretaris Daerah. Sebelumnya, Rustam menjabat sebagai staf ahli Anies-Sandi untuk menangani keluhan warga.

Rustam juga sempat menjadi Wali Kota Jakarta Utara. Namun, pada tahun 2016 Rustam mengundurkan diri setelah disindir Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Selain Rustam, Anies-Sandi memindahkan Asisten Pembangunan DKI Jakarta Bambang Sugiyono. Bambang ditempatkan sebagai Asisten Deputi Gubernur bidang Pengendalian Permukiman. Jabatan Bambang diganti oleh Artal Reswan W Soewardjo. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Agus Suradika dipindah menjadi Asisten Deputi Gubernur bidang Budaya. Posisinya digantikan oleh Syamsudin Lologau. 

Sementara itu, Anies-Sandi mengangkat Faisal Syafruddin sebagai Wakil Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah. Adapun, Usmayadi menjadi Sekretaris Kota Jakarta Timur. Lalu, Herry Supardan menjadi Wakil Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah.


(DRI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA