Underpass Stasiun Manggarai tak Diminati Penumpang

Ilham wibowo    •    Kamis, 10 Aug 2017 12:26 WIB
stasiun kereta api
<i>Underpass</i> Stasiun Manggarai tak Diminati Penumpang
Underpass Stasiun Manggarai. Foto: MTVN/Ilham Wibowo.

Metrotvnews.com, Jakarta: Fasilitas underpass yang dibuat PT Kereta Api Indonesia di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, tak begitu diminati penumpang. Padahal, jalur khusus penyeberangan itu dibuat agar penumpang lebih aman melintasi rel menuju peron tujuan. 

Yanti, penumpang KA Comuter, misalnya. Dia mengaku sudah terbiasa melewati perlintasan sebidang ketimbang menggunakan underpass.

Keberadaan terowongan yang jumlahnya hanya satu itu cukup menyulitkan Yanti bergerak cepat. Selain mesti turun-naik tangga, kereta yang ingin ditumpanginya hanya berhenti sementara. 

"Nyebrang lewat underpass lebih jauh, apalagi kalau saya turun dari gerbong ujung depan. Kalau hanya nyebrang dua atau tiga lintasan kan enggak sampai satu menit," ujar Yanti saat ditemui di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis 10 Agustus 2017. 

Karyawan swasta ini paham fasilitas tersebut hadir untuk keselamatan dirinya. Terlebih, aktifitas kereta di Stasiun Manggarai tergolong padat. Namun, ada petugas keamanan yang menjaga di setiap perlintasan sebidang yang akan memandu bila kereta akan melintas. 

"Kalau kita mau nyebrang ya tinggal perhatikan petugas saja," ucap dia. 

Wakil Kepala Stasiun Manggarai Ade Iskandar menuturkan, pihaknya terus menyosialisasikan penggunaan underpass bagi penumpang. Selain menggunakan pengeras suara, petugas keamanan yang berjaga juga terus mengimbau penumpang secara persuasif. 

"Kami terus imbau gunakan underpass untuk keselamatan penumpang. Stasiun ini sangat padat karena dilewati KRL maupun KA jarak jauh. Penumpang yang transit pun rata-rata mencapai 300 ribu per hari," ucapnya. 


Underpass Stasiun Manggarai. Foto: MTVN/Ilham Wibowo.

Pantauan Metrotvnews.com, hanya segelintir penumpang KA Commuter Jabodetabek yang menggunakan fasilitas underpass yang resmi dibuka sejak Februari 2017 itu. Meski telah dipasangi rambu-rambu imbauan keselamatan, sebagaian besar penumpangnya masih memilih mengunakan perlintasan sebidang. 

Para penumpangnya sebagian besar mengeluhkan kenyamanan underpass. Penumpang yang sengaja menggunakan underpass nampak terengah-engah dan bercucuran keringat. Selain minim pendingin udara, terowongan yang melewati tujuh jalur lintasan rel itu belum dipasangi eskalator. 


(OGI)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA