Anggaran Penanganan Banjir Rawa Buaya Rp115 Juta

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 12 Oct 2018 14:39 WIB
banjir jakarta
Anggaran Penanganan Banjir Rawa Buaya Rp115 Juta
Sekretaris Kelurahan Achmad Subhan di kantor Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat, 12 Oktober 2018. Foto: Medcom.id/Adin.

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalokasikan dana penanggulangan banjir di tiap kelurahan. Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, diberi uang Rp115 juta pertahun untuk biaya tanggap darurat jika terjadi banjir.
 
"Sudah dianggarkan, tapi kita juga koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Paling kita beli stok sembako untuk pengungsi," kata Sekretaris Kelurahan Achmad Subhan di kantor Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat, 12 Oktober 2018.
 
Menurutnya, dana penanganan banjir memang dibutuhkan. Sebab, Rawa Buaya diapit tiga sungai, yakni Anak Kali Angke, Kali Mookervart dan Cengkareng Drain. Subhan menyebut anggaran yang ada saat ini masih kurang.
 
"Ya kalau bisa lebih banyak, lebih bagus. Kan kita enggak tahu nanti dampaknya seperti apa," kata dia.
 
Dia membeberkan kendala yang dialami dalam penanganan banjir. Selain dihimpit sungai, daerah tersebut sangat rendah. Rumah penduduk bahkan lebih rendah dari sheet piles sungai.
 
Selain itu. masyarakat enggan direlokasi karena terlanjur betah menghuni bantaran kali, khususnya di sepanjang Kali Mookervart. "Eenggak ada uang juga mereka kalau meninggikan rumah. Kira-kira harus dua meter itu urukan (tanah)," kata Subhan.

Baca: Ratusan Kelurahan di Jakarta Terancam Banjir

Subhan mengatakan, bencana banjir belakangan sudah tak separah dahulu. Sejak Joko Widodo memimpin Jakarta, kondisi sungai dan permukiman mulai diperhatikan. Dilanjutkan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menginisiasi sheet lipes pinggiran kali.
 
"Semakin baik, yang sekarang (Gubernur Jakarta Anies Baswedan) ya tinggal melanjutkan," katanya.


(FZN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA