Taman Maju Bersama Jadi Penyempurna RPTRA

Kumara Anggita    •    Sabtu, 01 Dec 2018 09:51 WIB
rptraTaman Maju Bersama
Taman Maju Bersama Jadi Penyempurna RPTRA
Ilustrasi RPTRA Kalijodo. Foto: Medcom.id/Anindya Legia.

Jakarta: Kepala Seksi Perencenaan Pertamanan Dinas Kehutanan DKI Jakarta Hendrianto mengatakan Taman Maju Bersama (TMB) dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) harus bersinergi. RPTRA dijadikan bahan evaluasi untuk pembangunan TMB. 

"RPTRA itu jadi data dan informasi kami. Misalnya dilihat dari grafik, di RPTRA tren kegiatan yang paling banyak adalah silat. Akhirnya  kegiatan yang terlalu padat di RPTRA kita tarik ke ruang terbuka hijau," Kata Kasie. Perencenaan Pertamanan Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Hendrianto  pada Medcom.id di kantornya, Jakarta. Jumat, 30 November 2018.

Hendrianto menjelaskan perbedaan antara TMB dan RPTRA. TMB disediakan untuk seluruh masyarakat tidak membatasi dari umur, gender, atau fungsi sepeti RPTRA. Sementara RPTRA memang dikhususkan sebagai ruang bermain bagi anak-anak.

"Jadi fasilitas apa yang ada di RPTRA difokusin ke anak tapi di TMB lebih  ke arah semua golongan," tutur dia.

Selain itu kelebihan TMB lainnya yakni lebih luas sehingga warga bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat lainnya dan bisa mengedukasi anak-anak. TMB, kata dia punya area seluas 3,6 hektar sedangkan RPTRA hanya 1.000 meter.

Hendrianto menambahkan antara TMB satu dan lainnya memiliki fasilitas yang berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk membuat masing-masing TMB unik. Karena konsepnya alhasil proses pengerjaannya memakan waktu yang lebih lama dibandingkan RPTRA.



(SCI)