Anies Sebut Gaji Bambang Widjojanto Kalah dengan Camat

Nur Azizah    •    Jumat, 05 Jan 2018 14:07 WIB
tim gubernur anies-sandi
Anies Sebut Gaji Bambang Widjojanto Kalah dengan Camat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berjabat tangan dengan Wakil Gubernur Sandiaga Uno (kiri) seusai rapat paripurna di DPRD DKI Jakarta. Foto: Antara/Aprillio Akbar.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa gaji Ketua Komite Pemberantasan Korupsi Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bambang Widjojanto yang mencapai Rp41,2 juta per bulan masih wajar. Dia menilai angka itu relatif kecil bila dibandingkan dengan pejabat lain di Ibu Kota. 

"Jadi kalau ditanya, gaji Pak Bambang sama camat di Jakarta, Pak Bambang kalah. Camat lebih tinggi di sini," kata Anies di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Januari 2018.

Anies tak menyebutkan secara detail gaji yang diterima camat di Jakarta. Pada 2015, gaji camat tercatat sebesar Rp3.064.000. Namun, mereka bisa mendapatkan total upah yang dibawa pulang sebesar Rp44.284.000, yang meliputi gaji dan tunjangan lainnya. 

Baca: KPK DKI Garap One Map One Data

Anies mengaku sudah mengikuti aturan terkait pemberian gaji. Besaran gaji di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah diputuskan sejak 2015. "Kita mengikuti seluruh penyusunan," kata Anies.

Gaji TGUPP dianggarkan sebesar Rp19,8 miliar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Dari rincian data yang diterima Medcom.id, ketua TGUPP mendapatkan gaji Rp51,57 juta per bulan serta mobil dinas Toyota Altis.

Sementara itu, ketua bidang yang berjumlah 5 orang, masing-masing digaji Rp41,22 juta. Untuk anggota, gaji berbeda-beda tergantung tingkatannya mulai dari Rp31,77 juta hingga Rp8,01 juta. 


(OGI)