Bus Terbaru Transjakarta Dilengkapi Fitur Anti Kebakaran

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 14 Feb 2018 18:09 WIB
transjakarta
Bus Terbaru Transjakarta Dilengkapi Fitur Anti Kebakaran
Direktur Transjakarta Budi Kaliwono - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Jakarta: PT Transjakarta sedang memesan 101 unit bus berbadan meterial aluminium dari karoseri PT Nusantara Gemilang di Kabupaten Kudus. Bus bakal dilengkapi dengan fitur terbaru yakni tombol anti kebakaran. 

Direktur Transjakarta Budi Kaliwono menjelaskan rata-rata insiden terbakarnya bus Transjakarta disebabkan korsleting instalasi listrik. Namun, dengan pabrikan dan desain terbaru dari chasis Mercedes Benz dan Scania ini, dia memastikan bus dilengkapi dengan tombol anti kebakaran. 

Budi mengungkapkan bus buatan PT Nusantara Gemilang ini dilengkapi tombol otomatis yang memutuskan aliran listrik di dalam bus saat diketahui ada titik api. Tombol berwarna merah sengaja untuk membedakan dengan tombol-tombol lainya. 

Sebab, kata dia, insiden yang kerap terjadi saat kebakaran, sopir panik dan kesulitan mencari tombol pada akhirnya memencet semua tombol yang menambah korsleting.

Ini terjadi, kata dia, pada fitur bus buatan Tiongkok. Tombol keselamatan darurat untuk mematikan sistem kelistrikan menjadi satu dengan tombol lain dengan warna yang sama. 

Pada pabrikan Mercedes Benz dan Scania yang dipesan Transjakarta sebanyak 300 unit ini, ada tombol darurat khusus (software engine). Tombol dipasang di dashbor sebelah kanan kemudi dipadukan dengan tuas darurat untuk membuka pintu. 

"Saat tombol merah tersebut ditekan maka semua sistem kelistrikan akan otomatis mati," papar dia saat meninjau Karoseri PT Nusantara Gemilang, Kudus, Jawa Tengah, Rabu 14 Februari 2018. 

Makanya, kata Budi, pihaknya tidak akan lagi membeli ataupun memakai bus pabrikan asal Tiongkok.  

"Bus China waktu itu (terbakar), tidak ada agen pemegang mereknya, jadi kalau untuk perawatannya susah begitu juga dengan spare parts," pungkas dia. 

PT Transjakarta menyiapkan 300 bus baru pabrikan Mercedes Benz dan Scania. Keseluruhan bus dalam tahap perakitan di karoseri Nusantara Gemilang sebanyak 101 bus dan karoseri Laksana sebanyak 199 bus.

Bus-bus tersebut juga dipersiapkan untuk menyambut pagelaran Asian Games pada 18 Agustus 2018 mendatang.




(REN)