Pemuda Diminta Berani Kawal Pemerintah

Fauzan Hilal    •    Senin, 14 Aug 2017 18:00 WIB
kepemudaan
Pemuda Diminta Berani Kawal Pemerintah
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, bersama pengurus KNPI DKI Jakarta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DKI Jakarta diminta berani mengawal dan menktirisi kebijakn permintah yang diniai tidak pro rakyat. Sebab, percepatan pembangunan hanya bisa dilakukan dengan peran pemuda.
 
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, mengatakan, generasi muda harus cerdas, kritis, dan inovatif. Institusi kepemudaan harus memberikan dampak besar terhadap pembangunan.

Baca: Perlu Peran Aktif Pemuda untuk Bangun Daerah

“Baik buruknya negara tergantung dari generasi mudanya. Ingat, pemuda hari ini adalah pemimpin hari esok. Kita berharap pemuda Jakarta semakin kritis mengawal pemerintah, banyak berbuat dan beraksi,” kata Prasetio saat menerima KNPI DKI Jakarta, di DPRD DKI,  Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin 14 Agustus 2017.
 
Ia mengatakan, pemerintahan bukan berarti hanya eksekutif, namun juga legislatif. "Kalau ada yang menyimpang, tugas pemuda untuk mengingatkan,” ujarnya

 

Prasetio juga meminta pemuda Jakarta khususnya KNPI melakukan langkah-langkah kongkret dalam pembangunan.  “Pemuda harus memiliki semangat ekstra untuk memperbaiki sistem peradaban ke arah yang lebih baik,” ujar Politisi PDI Perjuangan ini.
 
Ketua DPD KNPI DKI Jakarta, Ichwanul Dault, mengatakan, kaum muda Jakarta harus menggunakan idealisme dan moral ketika mencermati masalah yang ada di masyarakat.
 
Baca: Presiden Jokowi Ingatkan Pemuda ASEAN Bijak Pakai 'Medsos'

“Peran pemuda di era globalisasi untuk kejayaan Indonesia sangat mendesak. Harus dimulai dari sekarang, dan tidak ada jalan lain selain kembali ke Pancasila,” ungkap pria yang biasa disapa Anul ini.
 
 Anul mengatakan, strategi mengeliminasi pengaruh negatif di kalangan generasi muda adalah meningkatkan pendidikan agama secara formal non formal.
 
Sekertaris DPD KNPI DKI Jakarta Aldi Karmawan mengatakan, pemuda Jakarta yang ingin terlibat aktif sebaiknya bergabung dalam wadah organisasi. “Pemuda yang aktif dalam organisasi perlu mengajak pemuda dan masyarakat yang lain untuk berperan aktif. Sehingga di masa yang akan datang lahir pemimpin-pemimpin berkarakter,” kata Aldi.




(FZN)