Pedagang Blok G Tanah Abang Bakal Direlokasi ke Skybridge

Siti Yona Hukmana    •    Selasa, 10 Apr 2018 07:08 WIB
tanah abang
Pedagang Blok G Tanah Abang Bakal Direlokasi ke <i>Skybridge</i>
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana).

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan merelokasi pedagang Blok G Tanah Abang ke skybridge. Ia akan mengumumkan hal tersebut pekan depan. 

"Pembangunan dari skybridge yang rencananya langsung dilelang oleh PD Pembangunan Sarana Jaya. Di situ nanti akan menampung pedagangnya," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 9 April 2018.

(Baca juga: PKL Jatibaru Siap Direlokasi Usai Lebaran)

Menurutnya dalam penataan yang tengah dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kini diutamakan Blok G Tanah Abang. Sementara untuk relokasi, kata dia, ada dua yang sudah dipersiapkan yang salah satunya skybridge.

"Ada dua lokasi yang nanti akan diumumkan secara detail oleh Dirut PD Pasar Jaya Pak Arief Nasrudin," ujarnya. 

Lokasi kedua, Sandi tidak bisa terburu-buru memutuskan. Sebab proses lelang memakan waktu 45 hari. 

"Pembangunannya sendiri antara dua sampai tiga bulan. Setelah itu nanti pedagang yang ada di bawah akan tentunya direlokasi ke atas skybridge sehingga menyambungkan dari stasiun menuju ke titik-titik tempat mereka (pengunjung Tanah Abang) nanti mungkin melakukan aktivitas perdagangan atau untuk melanjutkan perjalanan yang lain," papar Sandi.

Namun untuk menginformasikan relokasi kedua, Sandi perlu persetujuan Gubernur DKI Anies Baswedan terlebih dahulu. "Setelah itu, kita akan lakukan keterbukaan informasi. Mudah-mudahan sebelum bulan puasa sudah bisa kita eksekusi," ucapnya.

(Baca juga: Sandi Ingin Revitalisasi Tanah Abang Rampung Sebelum Ramadan)

Sementara terkait relokasi pedagang kaki lima (PKL) Jati Baru, akan dilakukan setelah penataan Tanah Abang tahap kedua selesai. "Ya tunggu tahap dua selesai. Kita berbarengan untuk menyiapkan lokasi untuk mereka juga," tambahnya. 

Namun Sandi menginginkan relokasi PKL Jati Baru ditetapkan setelah evaluasi penataan Tanah Abang. Saat ini, evaluasi mingguan Pemerintah Provinsi DKI baru masuk 15 minggu.

"Kita maunya setelah 16 minggu penataan, yakni empat bulan. Terhitung dari 22 Desember sampai akhir April ini," terangnya.


(HUS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA