Pengendara Pilih Lewat Tol Bekasi Sebelum Jam Ganjil Genap

Deny Irwanto    •    Rabu, 14 Mar 2018 06:00 WIB
sistem ganjil genap
Pengendara Pilih Lewat Tol Bekasi Sebelum Jam Ganjil Genap
Sistem Ganjil Genap di Pintu Tol Bekasi Barat-Timur Mulai Berlaku -- Foto: Antara/ Widodo S. Jusuf

Jakarta: Sejumlah pengendara melakukan barbagai cara untuk menghindari kebijakan sistem ganjil-genap di Gebang Tol Bekasi Barat dan Timur.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra mengatakan, banyak pengendara yang melintas lebih awal sebelum sistem tersebut diterapkan.

"Program itu kan dari jam 6 sampai jam 9 aja, kemarin setelah dievaluasi pihak tol itu mereka kebanyakan jam 5, sebelum jam 6 sudah padat, sudah ada penambahan 38 persen. Jadi para pengendara mensiasatinya dengan datang atau masuk pagi sebelum jam 6," kata Halim saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa 13 Maret 2018.

Halim menjelaskan, pihaknya mendukung penuh penerapan ganjil genap di Gebang Tol Bekasi Barat dan Timur. Bukan hanya itu, pembatasan truk pada jam tertentu juga bisa mengurai kemacetan di ruas jalan tersebut.

Kedepannya, kata Halim, Ditlantas Polda Metro Jaya dan Korlantas Polri akan selalu memantau perkembangan pemberlakuan sistem ganjil genap tersebut.

"Kemarin kami kelilingan sama Kapolri sampai Cikampek lancar semua, kita pulang pergi lancar. Nanti Bogor juga minta diberlakukan ganjil genap. Nanti dievaluasi," jelas Halim.


(Des)